Solusi laptop masuk BIOS sendiri

Laptop Langsung Masuk BIOS, Begini Memperbaikinya

Posted on 51 views

Pernahkah Anda mempunyai masalah ketika menyalakan laptop langsung masuk BIOS padahal tidak menekan tombol perintah masuk BIOS. Kalau Iya berarti tepat sekali membaca artikel ini karena akan dipandu cara memperbaikinya. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan laptop selalu masuk BIOS ketika dinyalakan seperti habisnya baterai CMOS dan kerusakan pada komponen lain.

Untuk itu sebelum menuju tahap pembahasan sebaiknya diagnosa dulu penyebabnya kenapa tiba-tiba laptop langsung masuk BIOS ketika dinyalakan. Tanpa sebab akibat, laptop tidak mungkin mengalami permasalahan gagal masuk sistem operasi karena terhalang BIOS.

Permasalahan laptop selalu masuk BIOS ketika dinyalakan ini merupakan kasus umum yang sering dialami oleh pengguna laptop. Artinya kemungkinan mengalami permasalan yang sama juga semakin besar, untuk itu mari perbaiki sendiri tanpa membawanya ke tukang service.

 

Penyebab Laptop Terus Masuk BIOS

Berdasarkan pengalaman memperbaiki laptop pasien, peyebab laptop terus masuk BIOS dikarenakan oleh:

1. Baterai BIOS/ CMOS habis yang menyebabkan tidak bisa menyimpan pengaturan jam, tanggal, dan pilihan boot priority sehingga kembali ke defaultnya. Selain itu kalau baterai CMOS habis, BIOS tidak bisa berfungsi dengan baik yang menyebabkan selalu masuk BIOS mekipun tidak menekan tombol perintah masuk BIOS pada saat laptop dinyalakan.

Baterai CMOS ini seperti baterai pada umumnya, semakin lama umur laptop maka isi baterainya semakin habis. Rata-rata baterai CMOS akan habis setelah pemakaian lebih dari 5 tahun, cukup lama untuk sebuah baterai.

Baca: Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop

2. Selanjutnya disebabkan karena ada kerusakan keyboard pada bagian tombol yang menjalankan perintah BIOS sehingga selalu menekan dengan sendirinya bahkan dalam kondisi laptop baru dinyalakan.

Faktor penyebab kerusakan keyboard bisa dikarenakan karena kesalahan sendiri seperti terkena tumpahan air, menaruh laptop di tempat yang lembap sehingga menyebabkan karet bantalan tombol tidak berfungsi dengan baik, kejatuhan benda yang cukup berat, atau memang dari sananya sudah saatnya rusak.

Baca: Cara Mengganti Keyboard Laptop Sendiri Tanpa Membawanya ke Tukang Service

 

Memperbaiki Laptop Langsung Masuk BIOS Ketika Dinyalakan

Di atas telah dijelaskan peyebab laptop yang dinyalakan langsung masuk BIOS, sekarang adalah cara memperbaiki supaya tidak masuk BIOS dengan sendirinya. Selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini:

1. Masalah habis baterai CMOS cara mengtasainya mudah sekali, silahkan beli baterai CMOS khusus laptop kemudian buka casing bagian bawah. Lepas tutupnya kemudian angkat baterai CMOS, kemudian ganti dengan yang baru.

Bila kesulitan membuka casing bagian bawah, download dulu buku manualnya karena masing-masing pabrikan menyediakannya.

3. Kalau masalahnya disebabkan oleh kerusakan keyboard, supaya berhenti masuk BIOS ketika laptop dinyalakan caranya dengan memperbaiki atau mengganti keyboard. Dalam beberapa kasus biaya mempebaiki keyboard sama mahalnya dengan ganti keyboard baru, artinya mending beli keyboard baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.