Cara Mengganti Keyboard Laptop Sendiri

Posted on 89 views

Mengganti keyboard laptop yang rusak butuh keahlian khusus, dan keahlian itu hanya dimiliki oleh teknisi komputer. Sebenarnya Anda bisa menggantinya sendiri asalkan tahu teknik melepas dan memasang keyboard laptop.

Ada banyak keuntungan mempelajari cara mengganti keyboard laptop seperti mengasah kemampuan reparasi komputer, menghemat anggaran daripada di bawa ke tukang service, dan tentunya bisa mengajarkan orang lain yang belum bisa mengganti laptop sendiri.

Biaya ganti keyboard cukup mahal, biasanya teknisi mematok harga 300 hingga 400 ribuan. Kalau part keyboardnya asli nggak jadi masalah, padahal banyak yang KW. kalau beli sendiri, harga keyboard KW itu cuma 70 hingga 100 ribu, jauh banget kan harganya. Baiklah, supaya Anda cepat paham langsung praktik saja sesuai penjelasan berikut ini.

Baca: Cara Mengecek Kerusakan Keyboard Dengan Aplikasi

 

Tahapan Mengganti Keyboard Laptop

Mengganti keyboard laptop tidak boleh sembarangan, Anda harus mencari informasi cara menggantinya supaya tidak berakibat fatal ketika mencobanya sendiri. Berikut ini adalah tahapan mengganti keyboard mulai dari cara melepas dan memasangnya kembali.

1. Cara Melepas Keyboard Laptop

Banyak yang mengira kalau melepas keyboard laptop harus membuka casing bagian bawah baru keyboardnya bisa dilepas. Padahal melepas keyboard pada laptop tidak membutuhkan obeng, melainkan alat cungkil khusus.

Di bagian atas keyboard ada beberapa pengait yang mengunci keyboard dengan body laptop. Cara melepaskan pengait tersebut dengan menekan atau mencungkil pengaitnya, setelah lepas semuanya baru menuju bagian kabel.

cara mengganti keyboard

Cabut kabel keyboard yang terhubung ke motherboard dengan membuka soketnya. Lepas secara perlahan-lahan hingga keyboard dapat terpisah dari body laptop.

2. Cara Memasang Keyboard Laptop

Setelah berhasil melepas keyboard langkah selanjutnya adalah memasangnya kembali. Anda boleh memakai keyboard lama yang tombolnya telah diperbaiki atau membeli baru kemudian dipasang.

Cara memasangnya, ambil keyboard kemudian hubungkan kabel dengan soketnya. Pastikan kabel yang menancap pada soket presisi sehingga tidak ada yang tidak dialiri arus listrik. Tutup soketnya kemudian presisikan keyboard sesuai tempatnya.

Tombol Esc harus berada di pojok kiri atas dan tombol Enter di pojok kanan bawah. Setelah itu tekan bagian keyboard yang ada pengaitnya secara perlahan-lahan hingga saling mengunci. Terakhir nyalakan laptop dan cek keyboardnya apakah semuanya berfungsi dengan baik.

 

Tips Membeli Keyboard KW

Jujur membeli keyboard original/ asli itu susah sekali, barangnya jarang yang ready. Kalaupun inden datengnya bisa berbulan-bulan, karena alasan inilah membeli keyboard KW merupakan keputusan yang tetap.

Di beberapa toko online sepeti Tokopedia, Shoope, dan Bukalapak banyak sekali seller yang menjual keyboard laptop. Untuk itu Anda harus jeli dan teliti supaya keyboard laptop kompatibel dengan laptop Anda.

Jangan sampai keyboard yang dibeli tidak bisa di pasang ke laptop, kan mubazir. Berikut ini adalah tips membeli keyboard KW:
1. Cek dulu tipe laptopnya, kalau perlu catat. Misalnya Dell Inspiron 3462
2. Buka browser kemudian ketik kata kunci “Keyboard Dell Inspiron 3462” maka Google akan mengarahkan ke toko online yang menjual barang tersebut
3. Cari keyboard yang paling murah dengan rating tinggi. Setelah itu chat sellernya, tanyakan apakah sesuai dengan tipe laptopnya
4. Tanyakan juga ada jaminan nggak bila tidak sesuai, boleh nggak ditukar kalau tidak sesuai. Bila seller menjawab boleh pasti jujur dengan keyboard yang dibelinya.

Ganti keyboard ASUS, ganti keyborad Lenovo, ganti keyboard HP, ganti keybaord Dell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.