Cara Mengurutkan Drive Letter Harddisk

Posted on 110 views

Drive letter adalah urutan drive pada komputer. Drive letter ini akan mengurutkan partisi harddisk, CD/ DVD Room, dan device lain yang terhubung dengan komputer. Sedangkan yang dimaksud Drive Letter Harddisk adalah urutan partisi harddisknya, semakin banyak partisi maka drive yang muncul juga banyak.

Misalnya Anda mempunyai harddisk sebesar 2 TB, kalau dipecah menjadi 4 bagian masing-masing sebesar 500 GB maka secara default urutan partisinya adalah C, D, E, F. Kalau ditambah 1 harddisk dan 1 SSD, drive letternya menjadi 6 dan pada urutan terakhir adalah drive H.

Fakta yang sering muncul terkadang drive letter harddisk tersebut tidak urut sehingga kalau tidak diurutkan bisa mengganggu konsentrasi orang yang melihatnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa bisa tidak urut diantaranya adalah setelah install Windows melalui USB Flashdisk dan atau telah mengganti urutan kabel SATA pada motherboard. Melepas salah satu harddisk yang terpasang pada komputer juga bisa menyebabkan partisinya morat-marit dengan tidak urutnya drive letter.

Mengurutkan drive letter atau partisi harddisk sebenarnya mudah sekali, namun kalau tidak punya pengetahuan tentang Disk Management Windows jadinya sulit. Selain melalui Disk Management bisa memakai aplikasi pihak ketiga seperti Minitool Partition Wizard dan Easeus Partition Master.

Namun sebaiknya pakai Disk Management saja karena tool bawaan Windows ini sudah mampu mengurutkan partisi harddisk yang berantakan. Selengkapnya simak penjelasan berikut ini sampai habis.

 

Cara Mengurutkan Partisi Harddisk

1. Buka Disk Management Windows, caranya ketik “disk management” tanpa tanda kutip di Type here to search
2. Setelah terbuka lihat urutan partisi harddisk, cari yang belum urut kemudian klik kanan pilih Change Drive Letter and Paths…
Cara mengurutkan drive letter harddisk yang morat-marit
3. Pada contoh ini memiliki 4 partisi C, D, E, G seharunya kalau urut jadi C, D, E, F. Ganti urutan partisi sesuai abjad, dalam contoh partisi G diganti menjadi F
Cara mengurutkan partisi harddisk yang tidak urut

4. Kemudian lihat hasilnya, pasti sekarang partisinya sudah urut.

Demikianlah informasi cara mengurutkan drive letter harddisk pada komputer, selain harddisk juga bisa mengurutkan CD/ DVD, USB Flashdisk, dan Harddisk Eksternal sesuai keinginan Anda sendiri.

Baca: Cara Partisi Harddisk di Windows Tanpa Aplikasi Tambahan
Baca: Cara Menjadikan Harddisk Laptop Menjadi Harddisk Eksternal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.