Cara Menjadikan Harddisk Laptop Menjadi Harddisk External

Posted on

Setiap komputer dekstop maupun laptop pasti dilengkapi harddisk sebagai media penyimpanan data. Ukuran harddisk pada komputer dan laptop berbeda dimana untuk komputer 3.5 inch dan laptop 2.5 inch. Mengenai besar kapasitas penyimpanannya relatif ada yang 500 GB, 1 TB, dan seterusnya. Harddisk externeal yang dijual dipasaran mempunyai dimensi yang sama dengan harddisk laptop yaitu 2.5 Inch. Teknologi media penyimpanan data terbaru SSD juga 2.5 inch sehingga bisa diaplikasikan pada laptop untuk mengganti harddisk bawaannya.

Harddisk external adalah media penyimpanan data portable yang mudah dibawa kemana-mana. Harddisk ini sebagai pelengkap harddisk utama yang terpasang pada komputer/ laptop. Jadi bila spacenya tinggal sedikit memiliki harddisk external hukumnya wajib daripada Anda menghapus data secara bergantian setiap menyimpan file baru.

Tahukah Anda bahwa isi dari harddisk external sebenarnya sama dengan harddisk latop. Oleh karena itu bila mempunyai laptop yang rusak LCD atau mainboardnya jangan buru-buru dijual, ambil saja harddisknya buat dijadikan harddisk eksternal. Baiklah berikut ini dijelaskan Cara Menjadikan Harddisk Laptop Menjadi Harddisk Externeal.

Cara Mengubah Harddisk Laptop Menjadi Harddisk External

1. Langkah pertama adalah melepas harddisk laptop dengan cara membuka casing penutup bagian belakang
2. Setelah itu ambil harddisknya dan belikan konektor yang menghubungkan harddisk ke komputer/ laptop
3. Nama konektor tersebut adalah HDD Enclosure, bisa dibeli di toko komputer terdekat rumah Anda atau secara online dengan kisaran harga hingga 100 ribuan. Beli HDD Enclosure yang ada casingnya soalnya dapat melindungi debu, air, dan benturan
4. Semua tipe HDD Enclosure adalah sama karena harddisk zaman sekarang semuanya telah menggunakan Serial Ata (SATA), harddisk PATA sudah tidak dipakai lagi
5. Yang peru diperhatikan adalah komputer/ laptop dan harddisk sudah suport USB 2.0 atau 3.0, HDD Enclosure USB 3.0 sedikit lebih mahal daripada yang 2.0
6. Lepas baut pada HDD Enclosure kemudian masukkan harddisk laptop, setelah itu tutup kembali dan baut

HDD Enclosure ORICO
HDD Enclosure Transparent

7. Kini Anda telah memiliki harddisk external hasil modifikasi sendiri

Harddisk External Transparent
HDD External Transparent

8. Silahkan coba menghubungkannya ke komputer/ laptop, harddisk siap digunakan.

Tips Memilih HDD Enclosure Yang Baik dan Tidak Gampang Rusak

Permasalahan utama ketika membeli harddisk external dan ataupun modifikasi menggunakan HDD Enclosure adalah gampang disconnect, kadang terhubung kadang tidak. Sebenarnya yang rusak bukan harddisknya melainkan konektor USB-nya, untuk itu berikut ini ada tips memilih HDD Enclosure yang baik. Tips ini juga berlaku untuk harddisk external, bila gampang disconnect lepas saja casingnya kemudian ganti dengan HDD Enclosure.

USB HDD Enclosure Biasa
Konektor Biasa
USB HDD Enclosure Cabang Dua
Konektor Bercabang

Silahkan perhatikan kedua gambar di atas, konektor USB HDD Enclosure biasa ada dua yaitu menggunakan USB biasa dan bercabang. Pengalaman menggunakan konektor USB biasa lebih awet dan menancap kokoh ke port harddisk daripada yang bercabang gampang longgar dan copot sehingga mudah disconnect. Cara di atas bisa diterapkan pada harddisk komputer 3.5 inch dengan HDD Enclosure yang lebih besar.

Baca: Mengembalikan Data Hilang Dengan EaseUS Data Recovery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *