Aplikasi cek kerusakan keyboard

Cek Kerusakan Keyboard Dengan Aplikasi

Posted on 156 views

Rata-rata keyboard laptop mempunyai umur yang pendek daripada keyboard yang dipakai pada komputer dekstop (PC). Meskipun harga keyboard PC cenderung lebih murah daripada laptop dalam penggunaan wajar bisa bertahan hing 2 sampai 4 tahun, namun untuk laptop terkadang cepat rusak.

Masa garansi belum habis salah satu atau beberapa tombol pada keyboard laptop sudah tidak berfungsi, mau tidak-mau pemiliknya harus mengganti keyboard supaya bisa digunakan untuk mengetik. Tidak semua laptop keyboardnya cepat rusak, ada yang mempunyai durabilitas tinggi seperti yang dipakai pada laptop kelas atas.

Entah kenapa laptop slim yang mempunyai keyboard tipis cepat rusak daripada yang keyboardnya tebal-tebal, mungkin dari segi material berbeda sehingga cepat rusak. Apalagi keyboard yang tidak tahan air, sekali kena tumpahan air dijamin rusak karena konslet.

Sebelum memutuskan mengganti keyboard mari cek kerusakannya, sejauh mana rusaknya keyboard tersebut. Selain cek secara manual dengan mengetik ternyata ada aplikasi untuk cek kerusakan keyboard. Aplikasi ini berbasis web dan installer yang dapat dijalankan secara online dan offline.

Baca: Cara Mengganti Keybord Laptop Sendiri

 

Cek Kerusakan Keyboard Secara Online

 

1. Keyboard Checker

Keyboard Checker adalah web aplikasi untuk cek kerusakan keyboard secara online. Aplikasi ini sering digunakan TERAA.NET untuk cek kerusakan keyboard laptop milik teman. Cukup dengan membuka keyboardchecker.com maka bagian yang rusak dapat diketahui.

Keyboard Checker

Bila hasil pengecekan tidak menampilkan warna hijau berati pada tombol tersebut mengalami kerusakan. Tampilan cukup sederhana namun sangat bermanfaat sebagai tool pelengkap reparasi keyboard.

 

2. Keyboard Tester

Berikutnya ada Keyboard Tester yang memungkinkan kita untuk mengecek keyboard laptop secara online. Situs ini didesain sederhana, namun secara fungsi bisa dibilang sama persis dengan software pengecek tombol keyboard lainnya.

Keyboard Tester

Bila Anda tertarik ingin menggunakannya silahkan buka keyboardtester.com kemudian tekan pada tombol yang dianggap rusak. Kalau indikator pada aplikasi tidak menyala berarti memang rusak.

 

Cek Kerusakan Keyboard Secara Offline

 

1. Keyboard Test Utility

Bila Anda mempunyai kendala masalah internet disarankan pergi ke warnet untuk download Keyboard Test Utility. Aplikasi ini dapat dijalankan secara offline untuk mengetahui kerusakan keyboard pada laptop maupun PC.

Program cek kerusakan keyboard

Download: Keyboard Test Utility

 

Yang menarik dari Keyboard Test Utility adalah dapat dijalankan secara portable sehingga tidak memerlukan resource komputer. Untuk mengecek apakah terjadi kerusakan keyboard silahkan tekan semua tombol, kalau ada yang tidak berfungsi berarti rusak.

Bosan dengan tampilan defaultnya, Keyboard Test Utility memberikan tema lain yang dapat diganti pada Color Schema. Tersedia tema hitam, putih, dan default.

 

2. PassMark KeyboardTest

Aplikasi cek kerusakan keyboard lainnya adalah PassMark KeyboardTest. Sepintas memang tampilannya kelihatan klasik namun tersedia beragam tema keyboard yang dapat dipilih melalui Keyboard Type.

Software cek kerusakan keyboard

Download: PassMark KeyboardTest

 

Indikator tes keyboard dikelompokkan menjadi 5 macam dengan menggunakan kode warna. Warna hijau untuk Key Tested OK, merah untuk Key is Being Pressed, kuning untuk Not Testable, biru untuk Key Failure, hijau untuk Under-Pressed, dan ungu untuk Key Over-Pressed.

Baca: Cara Membersihkan Keyboard Mechanical Komputer

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.