Solusi gagal registrasi kartu perdana

Mengatasi Gagal Registrasi Kartu Melebihi Jumlah Maksimum Pendaftaran

Posted on 19 views

Tidak semua kartu perdana bisa diaktifkan dengan mudah, terkadang menjumpai kartu yang gagal di registrasi karena melebihi jumlah maksimum pendaftaran.  Ini merupakan kondisi dimana membuat pembelinya pusing karena dibuang sayang, mau dipakai tidak bisa.

Setiap pembelian kartu perdana wajib melakukan registrasi menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan No. KK (Kartu Keluarga) supaya nomornya dapat diaktifkan. Tanpa melakukan registrasi, kartu tersebut tidak dapat digunakan untuk apapun karena isi pulsa dan paket datanya enol (0).

Apabila NIK dan No. KK cocok pasti berhasil melakukan registrasi kartu, kalaupun gagal berarti salah input nomornya. Namun untuk kartu perdana yang dijual secara preactivated (telah diaktifkan duluan) maka ketika registrasi kartu muncul keterangan NIK melebihi jumlah batas maksimum.

Kartu preactivated ini biasanya berisi paket data, orang banyak membeli kartu ini karena dinilai lebih murah daripada melakukan isi ulang untuk membeli paket data. Misalnya dengan uang pulsa 100.000 dapat kuota sebesar 7 GB, namun bila beli perdana paket data Rp. 100.000,00 dapat 15 GB.

TERAA.NET sendiri pernah membeli kartu ini untuk dipasang di smartphone Android, yang diambil adalah perdana XL Axiata. Berbeda dengan operator lain yang biasanya langsung berhasil diaktifkan kartu dengan mengirimkan ke 4444, untuk kartu XL Axiata ini tidak berhasil.

Baca: Cara Cek IMEI Untuk Mengetahui Hape Asli atau Blackmarket

Sudah mencoba input NIK dan No. KK secara berulang-ulang hasilnya sama yaitu muncul notifikasi NIK melebihi jumlah maksimum dan direkomendasikan pergi ke Gerai XL untuk mengaktifkannya. Merasa ada yang janggal akhirnya mencoba NIK dan No. KK saudara, hasilnya juga sama melebihi jumlah maksimum pendaftaran.

Padahal jelas kalau NIK dan No. KK saudara tersebut hanya di daftarkan 1 nomor handphone saja, lha kok tidak berhasil. Kominfo sendiri juga kembali memberlakukan 1 NIK bisa untuk daftar banyak kartu, bukan 3 lagi.

Sempat kepikiran untuk mengembalikan kartu perdana XL ke konter yang menjualnya, ternyata setelah dibaca pada kemasannya diberi keterangan melalui tempelan kertas kartu telah diaktifkan. Meski sudah aktif ketika dipasang muncul notifikasi untuk registrasi ke 4444.

 

Registrasi Kartu Melebihi Jumlah Maksimum Pendaftaran

Dari kasus ini akhirnya mencoba untuk mendaftarkan ulang kartu dengan mengetik: Ulang#NIK#No. KK kirim ke 4444, ternyata berhasil.

Kalau memakai perintah Daftar#NIK#No. KK kirim ke 4444, tidak berhasil. Yang muncul notifikasi pendaftaran melebihi jumlah maksimum.

Demikianlah informasi cara mengatasi kartu perdana XL Axiata yang tidak bisa diregistrasi atau diaktifkan karena pendaftaran melebihi jumlah maksimum. Semoga bermanfaat untuk Anda, dan kartu XL Axiata bisa aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.