StartUp Windows

Cara Disable Program di StartUp Windows

Posted on 5 views

Adakalanya program yang terinstall pada komputer Windows berjalan pada StartUp sehingga dapat memperlama booting Windows. Untuk itu Anda perlu mengeceknya apakah banyak program yang berjalan pada StartUp atau tidak, kalau dirasa bootingnya lama bisa menonaktifkan atau mematikannya supaya lebih cepat.

StartUp artinya program yang berjalan secara otomatis pada saat komputer mulai dijalankan, biasanya program yang membutuhkan update otomatis seperti Antivirus, Adobe, dsb. Program pada StartUp ini bisa di disable maupun enable sesuai kebutuhan pengguna.

Selain berasal dari program hasil install, StarUp juga bisa muncul dari Malware/ Virus yang menginfeksi sistem komputer maupun dari Windows itu sendiri seperti Windows Antivirus.

Baca: Cara Mengukur Kecepatan Booting Komputer Windows

Komputer dengan spesifikasi tinggi mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap banyak program yang berjalan pada StartUp, namun kalau memakai Intel Atom, Dual Core, maupun di bawahnya sangat terasa pengaruhnya karena program ini tersimpan dalam memory (RAM) sehingga menyita resource komputer.

Beberapa contoh program StartUp yang bagi sebagian besar pengguna tidak begitu diperlukan, tetapi menyita resource tinggi seperti ink-monitor pada printer, yang juga bisa diperiksa secara manual dari menu preference/ properties-nya.

Sebelum memutuskan untuk menonaktifkan program pada StartUp pastikan kegunaan program tersebut, jangan sampai salah menonaktifkan program seperti Antivirus yang membuat guardnya tidak aktif.

 

Disable Program Yang Berjalan di StartUp Windows

Cara disable program yang berjalan di StartUp bisa melalui program bawaan Windows atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, berikut ini adalah caranya.

 

Melalui System Configuration (msconfig)

  1. Ketik “System Configuration” tanpa tanda kutip pada pencarian Windows 10 (Type here to search). Pengguna Windows 7 dan 8 tekan logo Windows + R secara bersamaan kemudian ketik “msconfig”
  2. Setelah itu jendela Task Manager terbuka, pilih tab StartUp > Open Task Manager
  3. Pilih program/ aplikasi yang akan dimatikan pada StartUp Windows kemudian klik kanan pilih Disable
  4. Selamat kini Anda berhasil menonaktifkan program tersebut, untuk menjalankannya kembali pada saat StartUp tinggal pilih Enable.

 

Melalui CCLeaner

  1. Download dan install CCleaner terlebih dahulu kemudian jalankan
  2. Setelah program CCleaner terbuka pilih menu tool > StartUp. Perhatikan list program yang berjalan pada StartUp, untuk menonaktifkannya klik kanan Disable
  3. Jika ingin mengaktifkan program di StartUp tinggal klik kanan Enable
  4. Sekarang restart komputer Anda dan lihat hasilnya, booting Windows menjadi lebih cepat karena tidak ada program yang berjalan pada saat StartUp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.