Meningkatkan SEO Blog AMP Dengan Glue for Yoast SEO & AMP

Posted on 86 views

Pengguna WordPress self hosting tentu tidak asing lagi dengan Yoast SEO yaitu plugin untuk meningkatkan ranking blog di mesin pencari Google, Yahoo, dan Bing. Ternyata selain itu ada yang namanya Glue for Yoast SEO & AMP, sayangnya hanya sedikit yang tahu akan kegunaan plugin ini.

Fungsi Glue for Yoast SEO & AMP adalah sebagai penghubung plugin Yoast SEO untuk blog AMP. Tanpa Glue for Yoast SEO & AMP, optimasi SEO hanya untuk blog HTML namun setelah memasangnya blog AMP juga ikut dioptimasi. Plugin ini sebenarnya tepisah dari induknya karena pengembangnya berbeda, meskipun begitu telah mendapatkan izin dari Team Yoast.

Kalau ada yang bertanya apakah wajib memasang Glue for Yoast SEO & AMP? jawabannya tidak, namun bila ingin blog AMP semakin ramah di mesin pencari tidak ada salahnya menggunakan Glue for Yoast SEO & AMP.

Peran plugin Glue for Yoast SEO & AMP di sini sebagai pelengkap AMP by AMP Project Contributors. Sekarang bila Anda belum memasangnya maka pasang dulu kemudian lakukan pengaturan seperti yang dijelaskan TERAA.NET berikut ini.

 

Cara Menggunakan Glue for Yoast SEO & AMP

  1. Pastikan Anda menggunakan AMP by AMP Project Contributors, bukan AMP for WP – Accelerated Mobile Pages. Masuk ke AMP Settings kemudian pilih Template Mode Transitional
  2. Pasan Glue for Yoast SEO & AMP kemudian aktifkan
  3. Masuk ke Yoast SEO kemudian pilih AMP. Pada tab menu Post Types atur seperti pada gambar berikut ini, enable pada page dan media. Simpan perubahan dengan memilih Save Changes
    Glue for Yoast SEO & AMP
  4. Taruh kode Google Analytics di AMP Anaytics, kemudian Save Changes
  5. Jika ingin menambahkan logo AMP pada blog Anda silahkan pilih tab menu Design kemudian upload icon
  6. Setelah berhasil menambahkan Glue for Yoast SEO & AMP kini blog Anda lebih SEO Friendly.

Demikianlah informasi cara setting Glue for Yoast SEO & AMP, semoga dapat menjawab ketidaktahuan Anda tentang fungsi dan pemasangan plugin pelengkap Yoast SEO ini. Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan tulis pada kolom komentar.

Baca: Pengalaman Menggunakan Blog AMP dan HTML, Bagus Mana?
Baca: Cara Memasang Auto Ads atau Iklan Otomatis di AMP WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.