Cara Membersihkan Keyboard Mechanical Komputer

Posted on 34 views

Keyboard mechanical adalah papan ketik yang dipakai pada komputer dekstop (PC). Pada umumnya tombol keyboard ini bisa dilepas satu-persatu untuk dibersihkan bagian bantalan/ karetnya. Dimensinya yang cukup besar dengan jarak antar tombol yang renggang membuat keyboard mechanical mudah kemasukan debu.

Debu atau kotoran yang menutupi bantalan keyboard bisa membuatnya tidak enak untuk mengetik, terasa keras bahkan tidak berfungsi. Selain membersihkan keyboard dari kotoran tentu untuk menghilangkan kuman yang menempel di keyboard.

Bayangkan saja bila Anda mempunyai PC yang dipakai orang banyak (sekeluarga), belum tentu orang yang memakai jarinya bersih sehingga meninggalkan kuman pada keyboard. Kemudian dipakai orang lain maka kuman tersebut bisa menempel ke jari dan telapak tangan.

Baca: Kenapa Susunan Keyboard QWERTY?

Demi menjaga kesehatan penggunanya membersihkan keyboard perlu diagendakan, kalau perlu buat jadwal mingguan atau bulanan untuk membersihkannya. Jari merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peranan vital masuknya kuman ke mulut manusia.

Dengan rajin mencuci tangan atau pakai hand sanitizer setiap habis megang sesuatu maka mencegah bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh. Apalagi sekarang lagi musimnya pandemik virus corona yang dapat menular melalui sentuhan maupun udara, untuk itu mari jaga kebersihan salah satunya dengan membersihkan keyboard mechanical.

Lihat: Cara Membuat Hand Sanitizer Alami Dari Daun Sirih dan Lidah Buaya

 

Membersihkan Keyboard Komputer

Lepas kabel keyboard yang terhubung dengan komputer, lalu copot satu-persatu keyboard. Cara melepas tombol dengan mencungkilnya pakai tangan, pasti terlepas. Setelah semua tombol terlepas bersihkan bantalan keyboard dengan kuas hingga bersih.

Membersihkan memakai vacuum cleaner hasilnya malah lebih bagus karena kotorannya terangkat semua. Kemudian lanjut pada bagian tombolnya, taruh ke dalam ember/ baskom kemudian kasih sabun pencuci. Gunakan sikat/ kuas untuk membersihkan kotoran yang menempel pakai keyboard.

Keyboard Mechanical

Setelah semua tombol bersih, jemur di bawah terik matahari supaya bakteri/ kumannya benar-benar mati. Kalau kurang puas bisa memakai cairan alkohol untuk merendam tombolnya.

Pastikan semua bagian tombol kering baru dipasang kembali pada keybaord. Sebelum memasang lihat urutan keyboardnya, silahkan Googling “keyboard mechanical QWERTY” maka berbagai gambar keyboard muncul di sana.

Terakhir hubungkan keyboard dengan komputer, kemudian coba satu-persatu. Sekarang keyboard Anda telah bersih dan terhindar dari kuman.

Baca: Pengalaman Punyai Laptop DELL, Ganti Keyboard 2 Kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.