Cara Memasang Captcha di WordPress

Cara Menambahkan Captcha di Komentar WordPress

Posted on 11 views

Beragam cara dilakukan oleh pengelola situs supaya terhindar dari SPAM seperti Menonaktifkan URL Pada Kolom Komentar dan memasang Captcha pada komentar WordPress. Captcha yang telah terpasang terbukti ampuh mencegah SPAM Bot masuk ke komentar WordPress.

Menurut pengalaman TERAA.NET yang terbaik adalah Captcha dari All In One WP Security & Firewall (WP Security) kare menggunakan hitungan matematika. Ketika Captcha diaktifkan maka Anda akan melihat pemjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sebagai verifikasi manual untuk mengirimkan komentar di WordPress.

Dari segi pemasangan Captcha milik WP Secuirty ini lebih mudah pemasangannya dari pada reCAPTCHA Google yang membutuhkan Key, meski begitu dari segi keamanan dalam menangkal SPAM sama-sama ampuh.

Captcha WP Security merupakan pilihan yang tepat untuk mengamankan situs WordPress dari SPAM, penerapan metode hitungan pada Captcha memberikan pilihan lain selain Captcha gambar seperti kebanyakan Captcha.

 

Mencegah SPAM Masuk Komentar WordPress dengan WP Security

Sesuai namanya All In One WP Security & Firewall, plugin ini mengemas beberapa security WordPress menjadi satu. Cukup sekali install maka beberapa metode pengalaman seperti: User Accounts Security, User Login Security, User Registration Security, Database Security, File System Security, Blacklist Functionality, Firewall Functionality, Brute Force Login Attack Prevention, Security Scanner, Comment SPAM Security, dll.

Metode keamanan Captcha yang dimaksud di sini masuk ke dalam Comment SPAM Security atau SPAM Prevention yang terbagi lagi dalam dua tipe keamanan, yaitu:

1. Add Captcha to Comments Form

Aktifkan tipe keamanan ini untuk menampilkan Captcha pada komentar WordPress.

2. Block SPAMbot Comments

Untuk menangkal SPAM otomatis atau SPAMboot yang masuk pada komentar WordPress. Bila memilih tipe ini maka Captcha tidak aktif tetapi mesin pencegah SPAM bekerja otomatis dengan menangkal SPAM yang masuk.

 

Cara Mengaktifkan Captcha di Komen WordPress

1. Login ke dashboard WordPress kemudian tambahkan plugin baru All In One WP Security & Firewall
2. Setelah berhasil install, aktifkan plugin tersebut dengan klik Activate
3. Pilih menu WP Security kemudian > SPAM Prevention. Selengkapnya lihat sesuai gambar berikut ini

4. SPAM Prevention > Add Captcha to Comments Form, beri centang pada “Chek this if you want to insert a captcha field on the comment forms”

5. Sekarang silahkan tes dengan membuka situs WordPress kemudian lihat hasilnya, pada kolom komentar telah muncul Captcha.

Setelah menerapkan cara di atas ternyata mudah sekali memasang Captcha pada komentar WordPress dan kini situs Anda jauh dari SPAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.