Ganti Baterai CMOS Jam Komputer Masih Berubah Ini Solusinya

Posted on

Sudah ganti baterai CMOS namun jam pada komputer masih berubah-ubah, jangan panik dulu berikut ini akan dianalis kenapa bisa begitu. Ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Jam Komputer Sering Berubah-Ubah Periksa Baterai CMOS. Fungsi baterai CMOS pada komputer/ laptop adalah menyimpan data pada BIOS termasuk jam dan pengaturan BIOS.

Baterai BIOS ini ada masanya, setelah pemakaian sekian lama akan habis juga dan perlu diganti. Baterai CMOS tidak dapat direcharger seperti baterai laptop, jadi kalo habis ya harus diganti. Cara termudah mengenali ciri-ciri baterai CMOS habis adalah dengan melihat jam pada komputer yang selalu berubah-ubah meskipun telah disetting ulang.

Karena fungsinya menyimpan data BIOS, maka kalau habis setiap komputer dinyalakan akan kembali ke jam dan tanggal sesuai mainboard/ motherboard itu dibuat. Untuk memperbaiki jam yang berubah-ubah yaitu dengan mengganti baterai CMOS yang terpasang pada mainboard komputer/ laptop.

Baterai ini harganya cukup terjangkau yaitu kisaran Rp. 5.000 untuk komputer, sedangkan untuk laptop Rp. 15.000 ke atas. Yang jualan baterai CMOS banyak kok, bisa beli di toko komputer dekat rumah Anda atau beli secara online. Setelah Anda mengganti baterai CMOS terkadang pemasalahan jam muncul kembali, yaitu selalu berubah-ubah.

Penyebab Jam Komputer Selalu Berubah Meskipun Sudah Diganti Baterai CMOS dan Cara Memperbaikinya

1. Baterai CMOS Yang Digunakan Bekas/ Palsu

Ketika membeli baterai CMOS pastikan barang tersebut asli dan masih terbungkus dengan rapat, jangan sampai Anda mendapatkan baterai CMOS bekas pakai sehingga ketika dipasang pada komputer/ laptop tidak mau menyimpan perubahanTimenya jam.

2. Pastikan Anda Memasang Baterai CMOS Dengan Posisi Yang Tepat

Ketika memasang baterai CMOS jangan sampai terbalik ya, yang ada tanda + nya di luar. Pastikan juga ketika memasangnya benar-benar dalam keadaan terkunci oleh pengait. Berikut ini contoh pemasangan baterai CMOS yang benar

Cara Memasang Baterai CMOS

3. Simpan Settingan BIOS dengan Menekan F10

Setelah mengganti baterai CMOS atur dulu settingan jamnya sesuai dengan jam dan tanggal sekarang, kemudian simpan dengan menekan F10. Kalau tidak mengatur settingan jam dan menyimpan maka jam komputer akan kembali seperti semula.

4. Set Time Automatically dan Set Time Zone Automatically

Bila komputer/ laptop sering terhubung internet aktifkan Set Time Automatically dan Set Time Zone Automatically, karena bila tidak diaktifkan akan menyesuaikan dengan time server. Caranya pilih dulu Time Zone, sesuaikan dengan lokasi dimana Anda tinggal kemudian aktifkan Set Timernya dengan menggeser ke kanan (untuk Windows 10), untuk versi Windows di bawahnya kurang lebih caranya sama.

Atur Zona Waktu Jam

Kesimpulan

Dengan mengetahui penyebab jam komputer selalu berubah-ubah meskipun baterai CMOSnya telah diganti dan tahu bagaimana cara memperbaikinya berarti Anda telah belajar service komputer sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda khususnya yang mempunyai permasalahan jam dan baterai CMOS.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.