Uji Situs Responsive Dengan Google dan Bing

Posted on

Menurut data statistik dari Google Analytics, device yang paling banyak digunakan untuk membuka situs website/ blog adalah perangkat mobile (Android, iPhones, dsb), sedangkan untuk pengguna komputer dari tahun-ketahun semakin menurun. Hal tersebut merupakan trend terbaru dari meningkatnya pengguna smartphone di seluruh dunia.

Mau tidak mau pemilik blog harus menggunakan theme/ template responsive. Rata-rata bagi pengguna platfom WordPress theme yang tersedia sudah responsive, namun untuk platform blogger banyak yang belum responsive. Yang dimaksud responsive adalah situs blog tersebut bila dibuka dari berabagai macam device dengan ukuran layar yang berbeda-beda tampilannya menyesuaikan. Bila kelihatan morat-marit dipastikan theme tersebut tdiak mobile friendly.

Supaya bisa bersaing ketat di mesin pencari, Google dan Bing mewajibkan untuk menggunakan theme responsive. Kedua mesin pencari tersebut telah mengupdate algoritma mesin pencari untuk mobile friendly. Intinya pengoptimalan SEO diutamakan untuk situs yang bersahabat dengan perangkat mobile.

Untuk itu pilihlah theme/ template blog responsive yang mempunyai loading cepat. Tips gunakanlah theme sederhana saja, senakin rumit tampilan blog dengan banyak animasi gambar dapat memperlambat loading blog. Blog yang cepat loadingnya dapat mempercepat pengidexan di mesin pencari.

Baca: Optimalkan SEO Website Dengan Submit URL Postingan Artikel

Cara termudah mengetahui apakah situs tersebut sudah responsive atau belum yaitu dengan membukanya dibeberapa perangkat mobile dan komputer. Bila tampilan blognya menyesuaikan ukuran layar maka situs tersebut responsive. Selain itu Anda dapat mencoba tool milik Google dan Bing, cara ini paling direkomendasikan.

Anda dapat mengetes situs responsive dengan Bing Mobile Friendliness Test Tool dan Google Mobile Friendly. Cara kerjanya cukup mudah, tinggal mengetik URL blog dan dianalisis maka dapat segera diketahui responsive atau tidak. Baiklah berikut ini cara cek situs mobile friendly dengan Google dan Bing.

Uji Situs Responsive Dengan Bing Mobile Friendliness Test Tool

1. Buka Mobile Friendliness Test Tool
2. Silahkan ketik URL blog Anda kemudian pilih Analyze
Cek Situs Responsive
3. Bila situs Anda responsive maka muncul keterangan This Page is Mobile Friendly.

Ujis Situs Responsive Dengan Google Mobile Friendly

1. Buka situs pengujian Mobile Friendly
2. Ketik URL blog Anda, kemudian pilih Jalankan Pengujian
Cek Situs Mobile Friendly
3. Tunggu proses analisis mobile friendly hingga selesasi
4. Lihat hasilnya, bila theme/ template yang digunakan responsive maka ada keterangan Laman ini mobile friendly
5. Jangan lupa untuk klik Kirim ke Google.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.