Cara Membuat Blog WordPress Menjadi AMP Google

Posted on 21 views

Cara membuat website/ blog WordPress menjadi AMP Google sangatlah mudah yaitu cukup menggunakan plugin AMP. Jadi semua theme WordPress bisa dibuat AMP, berbeda dengan platform lain seperti blogger dan joomla yang harus menggunakan theme atau template AMP. Tetapi sebelum ketahap bagaimana membuat WordPress menjadi AMP sebaiknya pahami dulu apa itu AMP Google.

Pengertian AMP Google

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages yang merupakan terobosan terbaru dari Google, dimana projek AMP akan memberikan kemudahan bagi pengguna terutama untuk perangkat smartphone. Google AMP adalah halaman web yang dirancang khusus untuk mobile-friendly.

Salah satu projek dari Google ini juga mampu memberikan pengalaman bagi pengguna internet untuk kenyamanan dan kecepatan berselancar di dunia maya. Dengan adanya dukungan halaman AMP di situs blog WordPress, bisa mempercepat akses hingga 4X lebih cepat dari biasanya, dan halaman AMP juga bisa menghemat hingga 10X data internet. Dengan mengintegrasikan situs blog WordPress agar bisa menampilkan halaman AMP, tentunya bisa meningkatkan SERP dalam hasil pencarian Gooogle khususya perangkat mobile.

Baca: 2 Plugin SEO Yang Direkomendasikan Untuk WordPress

AMP for WP – Accelerated Mobile Pages, Plugin Terbaik Untuk WordPress

Plugin AMP yang direkomendasikan untuk WordPress adalah AMP for WP, plugin ini mendapatkan rating 4.5 dengan jumlah pengguna lebih dari 80.000. Artinya plugin AMP for WP cukup bagus sehingga mendapatkan penilaian tinggi dari pada blogger. Plugin ini lebih powerfull, Anda diberi 3 pilihan theme AMP dan dapat memasang iklan AdSense.

Plugin AMP for WP – Accelerated Mobile Pages terdiri dari 2 versi yaitu gratisan dan premium. Anda dapat memulainya dengan yang gratis dulu namun bila ingin yang premium silahkan membelinya. Ciri blog sudah AMP atau belum dapat dilihat dari icon petir yang muncul pada pencarian mobile.

Cara Memasang Plugin AMP di WordPress

1. Login ke dashboard WordPress lalu pilih menu Plugins
2. Add New > Ketik kata kunci/ keyword AMP
3. AMP for WP – Accelerated Mobile Pages, Install Now dan Activate
AMP for WP
4. Pilih I’am a New User > Run Installation Wizard
AMP Installation Wizard
5. Ikuti petunjuk AMP Installation Wizard dengan memulainya klik Start, ikuti petunjuknya hingga Setup Analytics
How to Install AMP Plugin
6. Nanti muncul Setup Analytics, masukan kode pelacakan Google AnalyticsKode Pelacakan AMP

 

7. Pilih theme AMP untuk blog WordPress Anda
8. Anda berhasil melakukan Installation Wizard.
AMP Success

Cara Cek Blog WordPress AMP Google

Cara untuk mengetahui bahwa WordPress sudah 100% AMP atau belum yaitu dengan mencoba mengaksesnya dengan mengetik /amp dibelakang url blog. Misalnya alamatnya https://teraa.net, untuk cek AMP buka https://teraa.net/amp. Cara lainnya dengan melakukan pengujian AMP milik Google.

Caranya buka Pengujian AMP Google, ketik url blog WordPress Anda kemudian pilih Jalankan Pengujian. Tunggu prosesnya beberapa detik sampai pengujian menunjukan hasilnya. Bila valid keterangannya adalah sebagai berikut.

AMP Valid

Pemasangan dan Pengaturan Iklan AdSense AMP Google

Setelah berhasil membuat blog AMP pada WordPress langkah selanjutnya adalah memasang iklan di AMP Google. Caranya silahkan masuk ke menu AMP > AMP for WP Options > Adverstisement.

Pasang iklan AdSense AMP

Silahkan aktifkan pilihan iklan dengan menggeser button ke kanan sampai muncul warna biru. Tentukan ukuran iklan AMP kemudian isi data AdSense Client (ca-pub) dan data AdSense slot. Simpan perubahan dengan memilih Save Changes.

Kode AdSense AMP

Demikianlah informasi cara membuat blog WordPress menjadi AMP. Ternyata setelah diterapkan caranya cukup mudah bukan… yaitu dengan menginstal plugin AMP dan melakukan sedikit pengaturan maka blog jadi AMP Google. Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan ajukan pesan melalui kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *