Cara Mengganti atau Install Theme WordPress

Posted on 26 views

Theme atau template merupakan tampilan dari sebuah website/ blog, untuk itu Admin blog selalu memilih theme yang dianggap paling bagus. Ada yang suka menggunakan theme sederhana dan adapula yang menginginkan theme elegan, semua tergantung dari selera masing-masing blogger. Bila tujuannya untuk menampilkan iklan AdSense sebaiknya gunakan theme sederhana dengan space iklan yang mencolok sehingga kemungkinan mendapatkan klik dari pengunjung tinggi.

Supaya artikel cepat masuk mesin pencari pilihlah theme yang mempunyai akses loading cepat, untuk mengukurnya bisa gunakan Google PageSpeed Tools dan GTmetrix. Caranya silahkan buka kedua link tersebut dan ketik URL blog Anda, kemudian cek kecepatannya. Karena terjadi perubahan trend yang banyak mengakses internet menggunakan smartphone maka gunakanlah theme responsive.

Ada beberapa alasan kenapa Anda ingin mengganti theme WordPress diantaranya adalah tidak puas dengan pilihan yang Anda. Jadi bisa mengganti dari theme yang tersedia pada dashboard WordPress dan membelinya sendiri dari para penyedia theme. Kesimpulannya untuk menginstal theme caranya ada 2 yaitu dari WordPress sendiri dan upload.

Baca: Cara Hapus Theme atau Template WordPress

Bagi yang menggunakan WordPress.com pilihannya cuma 1 yaitu install melalui pilihan WordPress Themes. Untuk mengganti theme dengan cara upload tidak bisa, oleh karena itu pakailah hosting supaya bisa mengganti theme dengan cara upload. Setelah mempunyai hosting langkah selanjutnya menginstal patfom WordPress di Softaculous.

Cara Mengganti Theme WordPress dari Dashboard

Mengganti theme melalui dashboard WordPress ditujukan untuk Anda yang inggin menginstal theme versi gratisan. Semua theme yang tersedia di sini adalah versi gratis, sedangkan versi premium cara instalnya harus dengan cara upload file .zip. Baiklah berikut ini caranya:
1. Silahkan login ke dashboard WordPress menggunakan User ID dan Password
2. Kemudian pilih menu Appearance > Themes
Themes WordPress

3. Untuk menambahkan Themes pilih Add New
Menambahkan Theme WordPress

4. Pilih Themes WordPress kemudian Install dan Activate
Pilih Theme

5. Sekarang Anda berhasil mengganti theme WordPress.

Cara Install Theme WordPress dari Upload File .Zip

Cara mengganti theme WordPress selain instalasi langsung dari daftar direktori template yang ada di dashboard, Anda juga dapat menginstal template dalam bentuk file .zip. Hal ini berguna ketika Anda ingin mengganti template WordPress dengan versi berbayar. Daftar template yang ada di dashboard sejauh ini hanya tersedia untuk versi gratis. Oleh karena itu, jika Anda akan menginstal template berbayar perlu mengunggahnya sendiri dalam bentuk file .zip. Cara instalnya adalah sebagai berikut:
1. Login ke dashboard WordPress
2. Pilih menu Appearance > Themes
3. Untuk upload file .zip pilih Add New > Upload Themes
4. Cara theme WordPress dengan ekstensi .zip kemudian Install Now
Upload Themes

5. Aktifkan Theme WordPressAktifkan Theme WordPress
6. Sekarang Anda berhasil meninstal dan mengganti Theme WordPress.

Demikian informasi cara mengganti theme/ template WordPress, semoga tutorial ini bisa menjawab pertanyaan Anda tentang bagaimana cara install theme. Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *