Tips memilih kabel SATA

Tips Memilih Kabel SATA, HDMI, dan DVI Yang Terbaik

Posted on 7 views

Salah satu komponen penting yang sering disepelekan orang ketika merakit komputer adalah kabel. Mereka cenderung menggunakan kabel bawaan motherboard atau yang dijual murah di pasaran padahal peranannya dapat meningkatkan kualitas transfer data yang lebih baik lagi. Berikut ini adalah penjelasan Tips Memilih Kabel SATA, HDMI, DVI, dan Kabel Komputer Lainnya.

Kabel yang dimaksud berbeda dengan yang dialiri arus listrik dari Power Supply melainkan lebih pada kabel yang digunakan untuk transfer data seperti kabel SATA, HDMI, DVI, dan lain sebagainya.

Perbedaan penggunaan kabel HDMI juga mempengaruhi Frame Per Second (FPS) sehingga muncul permasalahan ketika merakit komputer mencontoh apa yang pernah dilakukan orang lain dengan FPS tinggi kemudian menirunya dengan membeli hardware yang sama namun beda kabel HDMI.

Baca: Mengenal Macam-Macam Port VGA Pada Komputer

Kalau hasilnya berbeda dan cenderung FPS lebih rendah dari yang dicontoh maka wajib memeriksa kabel HDMI. Begitu halnya dengan kabel SATA, meskipun dijual murah mulai Rp. 10.000 untuk SATA 3 namun ketika di tes menggunakan kabel SATA 3 yang harganya mahal kecepatan baca dan tulisnya berbeda.

Karena beberapa alasan inilah bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam transfer data wajib menggunakan kabel kualitas terbaik. Kelihatannya sepele, hanya masalah kabel. Namun pernahkah Anda berfikir kenapa ada kabel yang dijual mahal? Pasti ada nilai lebih dari kabel tersebut.

 

Tips Memilih Kabel Komputer Kualitas Terbaik

Macam-macam kabel yang terdapat pada komputer adalah kabel SATA, kabel HDMI, Kabel VGA, Kabel DisplayPort, dan Kabel DVI. Semua kabel tersebut kelihatannya sama, di dalamnnya hanya berisi tembaga, kuningan, dan bahkan ada campuran emas di konektornya.

 

Cara membedakan kabel biasa dengan kualitas terbaik adalah dari bahannya. Kabel murahan cenderung lentur sedangkan kabel mahal kaku. Kalau dibengkokkan tidak bisa kembali sendiri kecuali dengan meluruskannya menggunakan bantuan tangan.

Pada ujung kabel atau bagian konektor silahkan perhatikan pinnya, kabel bagus rata-rata menggunakan Gold Plated (berwarna emas) sedangkan kabel biasa warnanya putih.

Selain itu juga ada aluminium foil yang membungkus tembaga di dalamnnya sehingga transfer data benar-benar lancar. Letak aluminium foil ini diantara tembaga dan pembungkus kabel.

Demikianlah informasi tips memilih kabel komputer terbaik, berikut adalah brand kabel yang cukup terkenal akan kualitasnya: Ugreen, Orico, dan Vention.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.