Cara Migrasi WordPress ke Blogger.com (Success)

Posted on

WordPress dan Blogger.com adalah platfom untuk membuat website/ blog. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Blogger.com lebih hemat daripada WordPress.org karena tidak harus menyewa hosting dan domain. Mereka yang lama ngeblog menggunakan Blogger.com (Blogspot) kalau sudah bosan atau ingin mencari pengalaman baru biasanya memutuskan untuk migrasi ke WordPress.

Begitu juga sebaliknya, daripada pusing mikirin biaya perpanjangan sewa hosting lebih baik migrasi saja ke Blogger.com. Platfom milik Google ini menawarkan space hosting yang tinggi dengan bandwidth yang besar. Mau diakses dari belahan dunia manapun pasti cepat.

Migrasi WordPress ke Blogger.com adalah proses perpindahan data dari platfom satu ke yang lainnya. WordPress sendiri telah melengkapi tool Export untuk membackup data website, tanpa menginstall plugin. Karena kedua platform ini berbeda maka yang bisa dipindahkan hanya konten artikel yang terdiri dari post, page, dan media. Untuk theme/ templatenya tidak bisa dipindah.

Baca: Cara Migrasi Blogger Custom Domain ke WordPress Self Hosting

Cara Migrasi Data Website WordPress ke Blogger.com

1. Login ke dashboard WordPress menggunakan Username dan Password blog Anda
2. Pilih Tools > Export
Export WordPress ke Blogger.com3. Beri tanda centang pada All Content, kemudian Download Export File
Backup data WordPress4. Setelah itu Anda mendapatkan file dengan ekstensi .xml, simpan file tersebut
5. Convert file .xml tadi dengan WordPress to Blogger
WordPress to Blogger.com6. Silahkan login ke dashboard Blogger.com kemudian pilih menu Settings > Other > Import & Backup
Import Content7. Silahkan import file hasil convert dengan ekstensi .xml tadi ke menu Import Content
8. Tunggu poses import hingga selesai
Blogger Export File 9. Semua data pada blog WordPress berhasil migrasi ke Blogger.com.
Blogger Ready

Demikianlah informasi cara migrasi WordPress ke Blogger.com, secara otomatis semua artikel terpublish dengan sendirinya sesuai tanggal posting pada platform lama. Migrasi website ini bisa dilakukan tanpa custom domain (dengan ekstensi .blogspot.com) dan custom domain. Bila Anda menginginkan domain lama untuk dipasang di Blogger.com maka cukup pointing domain saja.

Bila ada yang bertanya, Apakah data website di platfom lama dihapus? Itu tergantung Anda, tetapi sebaiknya hapus saja untuk menghindari konten yang sama karena keduanya aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.