Pingback Trackback WordPress

Cara Menonaktifkan Pingback WordPress Selft Hosting

Posted on

WordPress self hosting menyediakan fitur pingback yang aktif dengan sendirinya ketika mencantumkan link dari blog kita sendiri. Misalnya menulis artikel tentang “Cara Menonaktifkan Pingback WordPress” kemudian menyisipkan link yang pernah diposting sebelumnya dan masih berkaitan dengan artikel tersebut, misalnya “Pengertian Pingback Pada WordPress”.

Setelah mempublish artikel maka muncul notifikasi comment yang berasal dari blog Kita sendiri, itulah yang disebut Pingback. Semakin banyak mengaitkan link internal pada artikel yang ditulis maka bagus untuk SEO, namun Pingback yang masuk juga banyak. Ping otomatis ke berbagai mesin pencarian, sehingga blog/website yang dibuat dengan WordPress akan lebih cepat terindex di mesin pencari.

Bagi sebagian blogger hadirnya Pingback WordPress ini cukup mengganggu dan terasa menjengkelkan. Parahnya lagi celah Pingback dimanfaatkan oleh spammer untuk mendapatkan backlink secara otomatis. Komentar yang muncul dari Pingback dapat dihapus secara manual satu-persatu, namun muncul lagi ketika menanam internal link. Cara yang tepat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menonaktifkan fitur Pingback.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Pingback adalah komentar balikan dari link yang telah ditautkan pada postingan artikel. Pingback bisa dinonaktifkan melalui 2 cara yaitu melakukan konfigurasi pada menu Settings dan menggunakan plugin.

Baca: Cara Pasang Anti Copy Paste dan Klik Kanan Pada WordPress

Spammer kini telah menemukan trik baru dengan memanfaatkan fitur trackback dan pingback pada CMS WordPress. Sebenarnya fitur trackback dan pingback memberikan banyak sekali keuntungan bagi pengguna WordPress. Karena kemampuannya melakukan ping otomatis ke berbagai mesin pencarian, sehingga blog/website yang dibuat dengan WordPress akan lebih cepat ter-index di mesin pencari.

Cara Disable Pingback WordPress Selft Hosting

1. Cara Menonaktifkan Pingback WordPress Melalui Settings

1. Masuk ke dashboard WordPress kemudian pilih Settings
2. Settings > Discussion
3. Hilangkan centang pada “Attempt to notify any blogs linked to from the article” dan “Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks) on new articles”
Disable Pingback Melalui Settings4. Simpan perubahan dengan memilih Save Changes.

2. Cara Menonaktifkan Pingback WordPress Dengan Plugin Disabler

Plugin Disabler mampu mendisable fitur Pingback dan Trackback WordPress. Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan cara menginstall plugin kemudian sedikit melakukan konfigurasi pada plugin Disabler. Caranya adalah:
1. Download plugin Disabler lalu upload dan install
2. Akttifkan Disabler
Aktifkan Plugin Disabler3. Pilih menu Settings > Disabler
4. Scroll ke bawah sampai Back end Settings
5. Beri tanda centang pada “Disable self pings (i.e. trackbacs/ ping from your own domain)
Disable Pingback Dengan Plugin 6. Simpan perubahan dengan memilih Save Changes.

Demikianlah informasi cara menonaktifkan/ disable pingback pada WordPress selft hosting. Anda bisa memilih salah satu dari kedua cara tersebut yang dianggap paling mudah dilakukan. Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *