Pengalaman Menggunakan Hosting Rumahweb VS Domainesia

Posted on

Membangun sebuah website selft hosting tidak boleh asal-asalan, Anda harus menggunakan hosting berkualitas bukan tertipu iklan murah namun kenyataannya sering down. Hal tersebut pernah dialami admin, ketika memutuskan menggunakan hosting sendiri akhirnya memilih layanan hosting Rumahweb.

Kalau itu lagi ada promo hosting 1 GB plus domain dengan kisaran harga 100 ribuan, katanya sih bandwidhtnya unlimited dan sudah memakai teknologi cloud. Kurang lebih bertahan 3 bulan menggunakan hosting tersebut, akhirnya pindah ke Domainesia. Ada beberapa alasan kenapa memutuskan pindah hosting diantaranya servernya tiap malam sering maintenance, hosting balik-balik down, untuk membuka panel WordPress saja kadang loadingnya lama sehingga tidak jadi nulis artikel.

CMS yang dipilih adalah WordPress, padahal dukungan plugin SEO-nya mantap. Ada Yoast SEO dan All in One SEO Pack yang terbukti banyak blog WordPress nangkring di halaman pertama Google. Tapi kenapa menggunakan hosting Rumahweb, trafiknya nggak naik-naik?

Setelah tanya sana-sini sama masternya ternyata hosting mempengaruhi proses pengindexan di mesin pencari. Ternyata benar, setelah migrasi ke Domainesia trafiknya langsung naik dan banyak visitor yang meninggalkan pesan di kolom komentar.

Google Search Concole

Gambar di atas adalah Traffic by Google Search Console Beta untuk blog teraa.net, migrasi data ke hosting baru dilakukan bulan Januari, sebelum bulan itu masih menggunakan hosting lama Rumahweb. Percaya dan tidak ternyata hosting yang cepat dapat meningkatkan jumlah tayangan.

Tips Memilih Hosting Terbaik

Banyak blogger pemula yang tergoda dengan iming-iming hosting unlimited dengan harga murah. Sebenarnya tidak ada space dan bandwidth yang benar-benar unlimited, semua ada batasnya namun ketika space tersebut penuh maka akan ditambah. Penyedia hosting yang mendapatkan reputasi baik biasanya tidak menyediakan hosting unlimited, semua dijelaskan secara detail baik itu mengenai space, bandwidth, dan beberapa fiturnya.

Baca: Review Cloud Hosting Terbaik Domainesia

Perlu sekali bertanya kepada sesama rekan blogger untuk bertukar pengalaman menggunakan hosting dari provider tertentu. Anda juga bisa membaca review hosting dari forum maupun blog online yang membahas tentang hosting. Ada juga layanan online khusus mereview hosting yaitu HostAdvice.

Bila banyak yang mengatakan positif tentang hosting tersebut silahkan berlangganan hosting, insyAllah tidak mengecewakan. Yang terpenting lagi cari penyedia hosting yang CS-nya ramah dan IT Supportnya ready 24 jam penuh. Anda bisa mengetesnya tengah malam dengan cara chat IT Supportnya, bila langsung menjawab berati hosting tersebut layak dipertimbangkan.

2 thoughts on “Pengalaman Menggunakan Hosting Rumahweb VS Domainesia

  1. Pengguna blogger custom TLD gmn mas gan? Apakh berpengaruh juga dengan kredibilitas penyedia domain,semisal Saya menggunakan penyedia domain A lasung Custom dari blogspot ke TLD. Setelah beberapa bulan blog visitor meningkat drastis tembus 10k-30k view/day. Apakah diperlukan tambahan VPS tersendiri untuk menghindari server down?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *