Cara Burning ISO Windows ke DVD Supaya Bisa Bootable

Posted on

Master Windows yang didownload dari Microsoft berupa file dot.ISO, atau ISO Windows. Supaya bisa digunakan untuk install komputer/ laptop maka perlu diburning ke DVD Blank atau membuat bootable Windows dengan USB Flashdisk. Bila komputer dilengkapi optical drive CD/ DVD-Room maka sebaiknya install melalui DVD dengan cara memburning ISO Windows.

Bagi yang belum tahu cara burning ISO Windows mungkin disamakan seperti memburning file (software, dokumen, foto, mp3, dan video) yang hasilnya tidak bisa bootable saat digunakan untuk install komputer. Yang dimaksud bootable adalah master Windows tersebut dapat jalan dengan sendirinya saat komputer baru dinyalakan.

Cara burning ISO Windows berbeda dengan burning file seperti yang dijelaskan di atas, Anda harus memilih menu Image atau Disc Image baru bisa burning Windows. Contoh ini dapat diterapkan pada semua sistem operasi Windows baik itu Windows 10/ 8.1/ 8/ 7, XP, Linux maupun MacOS.

Ada banyak sekali tool yang digunakan untuk memburning ISO Windows diantaranya adalah Nero, Ashampoo, Alcohol, dsb. Namun TERAA.NET hanya mengulas yang Nero saja karena tool ini yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia. Besarnya ukuran file master Windows 10 Pro 64 Bit 4,2 GB kalau yang 32 Bit 3,2 GB. DVD Blank mempunyai space 4,7 GB, jadi cukup untuk memburning Windows 10.

Syarat utama burning Windows 10 adalah mempunyai masternya, bila belum punya silahkan Download Windows 10 Original Dari Microsoft Gratis. Syarat lainnya adalah mempunyai program Nero, untuk versi terbarunya silahkan download di official websitenya Nero Platinum. Bila ingin menggunakan versi penuh (full) Anda harus membelinya, namun kalau hanya untuk burning Windows menggunakan masa trial 30 hari sudah cukup.

Cara Burning OS Windows 10/ 8.1/ 8/ 7/ XP ke DVD Supaya Bisa Bootable

1. Insert kepingan DVD kosong ke optical drive VCD/ DVD-Room
2. Jalankan program Nero dan pilih Nero Express saja untuk mempercepat burning Windows
3. Setelah jendela Nero terbuka maka pilih menu Image, Project, Copy > Dis Image or Saved Project. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini
Cara burning Windows 10 supaya bisa bootable

4. Silahkan browse master Windows, contoh kali ini ingin burning Windows 10 Pro 64 Bit
5. Untuk lanjut ke proses burning Windows 10 silahkan pilih menu Burn
Cara burning file .ISO Windows 10 ke DVD

6. Tunggu beberapa menit sampai burning selesai
Cara burning Windows untuk install Komputer

7. Kini Anda berhasil burning ISO Windows 10 dan siap digunakan untuk install komputer
8. Supaya bisa bootable saat komputer dinyalakan silahkan atur boot priority pada BIOS dengan opsi yang jalan duluan VCD/ DVD-Room. Bingung cara masuk BIOS silahkan baca Cara Masuk BIOS Untuk Masing-Masing Merek Komputer.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.