Untung Rugi mematikan auto update Windows 10

Keuntungan dan Kerugian Mematikan Windows 10 Update Assistant

Posted on

Artikel tentang Keuntungan dan Kerugian Mematikan Auto Update Windows 10 merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Cara Mematikan Windows 10 Update Assistant. Bila Anda termasuk salah satu pengguna sistem operasi Windows yang hendak ingin mematikan update assistant sebaiknya pahami dulu keuntungan dan kerugiannya, setelah itu keputusan ada di Anda sendiri mau lanjut atau tidak.

Update assistant ini fungsinya untuk mengupdate secara otomatis baik itu mengenai perbaikan, penyempurnaan, dan penambahan fitur baru pada Windows 10. Karena berjalan otomatis maka banyak pengguna yang tidak sadar kalau Windows melakukan update. Biasanya mereka mengetahuinya akan mematikan komputer muncul notifikasi “Working on updates …% complete, Don’t turn off your computer”.

Admin TERAA.NET lebih suka tetap mengaktifkan update assistant untuk PC Dekstop dan mematikan update untuk laptop. Di sini ada alasannya kenapa kok tidak diaktifkan semua, yang pertama karena PC Dekstop yang digunakan sehari-hari sepesifikasi hardware tinggi sedangkan laptop spesifikasinya rendah dengan prosesor Intel Atom.

Proses update ketika shutdown dan menghidupkan komputer terasa lama sekali untuk laptop spesifikasi rendah, beda ketika menggunakan spesifikasi hardware tinggi. Karena ini laptop sering digunakan untuk presentasi di depan kelas maka kalau tidak dimatikan dan tidak sadar kalau Windows melakukan update maka proses booting bisa lama sekali.Rencana presentasi bisa batal gara-gara nunggu update selesai.

Penjelasan singkat di atas hanyalah contoh keuntungan dan kerugian mematikan auto update Windows 10, bila ingin penjelasan yang lebih lengkap simak ulasannya berikut ini.

Keuntungan Mematikan Windows 10 Update Assistant

1. Tidak Perlu Menuggu Proses Update Yang Lama

Proses update Windows 10 cukup memakan waktu yang lama apalagi pada saat shutdown dan booting, bila Anda mematikan update assistant maka loading ini tidak bakal terjadi. Karena alasan inilah banyak penggua yang ingin mematikan auto update.

2. Koneksi Internet Tetap Kencang

Update assistant berjalan otomatis ketika komputer terhubung ke internet, secara otomatis kecepatannya dibagi untuk update. Bila tiba-tiba merasa internetnya jadi lambat kemungkin Windows sedang melakukan update. Pertanyaannya adalah pilih update atau internet kencang?

3. Space Harddisk Sisa Banyak

Namanya update pasti ada beberapa file yang ditambahkan untuk menyempurnakan sistem yang ada sebelumnya, secara otomatis space harddisk juga makin penuh karena berisi kumpulan file update. Mematikan update assistant menguntungkan sekali terutama untuk Anda yang komputernya menggunakan SSD karena spacenya terbatas, berbeda dengan harddisk hingga 2 TB.

SSD sebenarnya spacenya bukan terbatas, karena harganya sangat mahal maka orang mampu membeli kapasitas penyimpanan rendah.

4. Tidak Mendapatkan Update Fitur Yang Tidak Bermanfaat

Untuk menjawab kebutuhan pengguna secara global, biasanya Microsoft menyertakan fitur-fitur baru yang disematkan pada update Windows 10. Masalahnya adalah terkadang kita tidak memerlukan fitur tersebut, percuma diberikan gratis kalau tidak digunakan bukan?

Kerugian Mematikan Windows 10 Update Assistant

1. Rentan Terserang Virus

Microsoft memberikan update bila telah mendapatkan laporan ditemukannya bug pada Windows, salah satunya adalah penyempunaan Windows Defender beserta enginenya. Bila update assistant dimatikan maka tidak mendapatkan perbaikan sehingga rentan terserang virus.

2. Transaksi Online Tidak Aman

Fitur update assistant akan mengupdate yang secara menyeluruh Windows 10 termasuk program bawaannya seperti Microsoft Edge dan Internet Explorer. Kedua browser tersebut terus disempurnakan Microsoft setalah berkali-kali mendapatkan laporan bahwa ditemukannya bug.

Tentu pengguna Microsoft Edge dan Internet Explorer tidak aman ketika melakukan transaksi online seperti mengakses internet banking. Untuk menjaga tetap aman bertransaksi ketika update dimatikan maka gunakan broswer lain seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

3. Kadang Terjadi Error Setelah Update

Koneksi internet yang lambat kerap kali membuat update jadi terputus-putus sehingga menyebabkan error. Permasalahan tersebut terjadi karena file yang diupdate otomatis tidak sepenuhnya terdownload semua sehingga terjadi error.

Demikianlah informasi keuntungan dan kerugian mematikan auto update Windows 10. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan Anda mengenai Windows 10 Update Assistant.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.