Membuat Efek Cetak Seperti Printer Dot Matrix

Posted on

Printer dot matrix adalah jenis printer yang khusus dibuat untuk mencetak dokumen bukti seperti laporan keuangan, nota, dan struk. Meskipun dibilang teknologinya jadul namun masih banyak yang membutuhkannya, sehingga perusahaan pembuat printer juga memproduksi printer tersebut.

Membuat efek cetak seperti printer dot matrix artinya mencetak dokumen menggunakan printer biasa namun hasilnya mirip seperti dot matrix. Tips ini sangat bermanfaat untuk Anda yang tidak mempunyai printer dot matrix ketika ingin membuat nota.

Nota hasil transaksi seperti jual beli barang biasanya rangkap 2, yang pertama diberikan kepada pembeli dan kedua sebagai barang bukti untuk toko itu sendiri.

Baca: Pengertian Software Auto Pilot Serta Kegunaannya

Peredaran printer dot matrix tidak sebanyak printer biasa yang setiap orang mempunyainya. Biasanya yang menggunakan jenis printer ini adalah perusahaan, kantor, dan toko.

Printer dot matrix tidak menggunakan tinta cair maupun serbuk melainkan berupa pita sehingga menjadikannya awet. Rata-rata printer dot matrix durabilitasnya tinggi hingga berumur lebih dari 10 tahun, maka dari itu jangan heran kalau di toko masih banyak yang jual printer kuno ini.

Mencetak dengan printer dot matrix harus menggunakan kertas khusus seperti Non Carbon Required (NCR), continuous (untuk laportan keuangan atau nota ukuran besar), struk, dan nota. Kertas HVS ukuran A4 dan F4 juga bisa digunakan pada printer dot matrix namun outputnya tidak rangkap 2.

Membuat Efek Cetak Mirip Printer Dot Matrix

Cara menyiasati supaya output cetaknya mirip printer dot matrix adalah dengan melihat font. Carilah font yang mirip dengan dot matrix kemudian sesuaikan jenis fontnya dan cetak. TERAA.NET juga menyediakan koleksi font dot matrix yang dapat Anda download pada akhir postingan ini.

Efek printer dot matrix
Membuat nota dengan font dot matrix

Anda bisa memanfaatkan program Office Word atau Office Excel untuk membuat atau mendesain nota, jangan lupa untuk memilih font dot matrix. Setelah jadi nota tersebut kemudian cetak menggunakan printer biasa dan lihat hasilnya.

Demikianlah informasi cara membuat efek cetak dot matrix menggunakan printer biasa, harapannya gunakan tips ini untuk hal-hal yang bermanfaat dan jangan untuk memanipulasi data.

Download Font Dot Matrix

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.