Membuat Email Unik Dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Email Sendiri Dengan Ekstensi Domain

Posted on 5 views

Cara membuat email dengan ekstensi domain artinya membuat nama email dengan menggunakan akhiran domain. Misalkan Anda membeli domain teraa.net, maka bisa membuat email sendiri seperti admin@teraa.net, aku@teraa.net. Tentunya mempunyai email dengan ekstensi domain merupakan suatu kebanggaan karena berbeda dari orang lain yang masih menggunakan @ymail, @gmail, dan lain sebagainya.

Menggunakan email dengan ekstensi domain dapat meningkatkan brand/ merek sehingga orang lain mudah mengenalnya. Kenapa email begitu penting sebagai penunjang bisnis? ya karena email merupakan suatu alamat online yang dapat menerima dan mengirimkan pesan. Bila orang telah hafal dengan email Anda maka kemungkinan untuk mendapatkan tawaran kerjasama via email sangat tinggi.

Untuk dapat membuat email dengan ekstensi domain membutuhkan hosting, jadi bila belum punya hosting silahkan beli dulu. Kalau hanya menggunakan domain maka sebatas forwarding email. Misalnya Anda memili email teraa@gmail.com maka dapat membuat email dengan nama teraa@teraa.com. Kotrol emailnya tetap di teraa@gmail.com soalnya cuma diteruskan.

Baca: Download File Ukuran Besar Dengan Torrent

Cara membuat email ekstensi domain melalui cPanel Hosting, Anda bisa membuat email dengan nama yang unik menggunakan ekstensi domain milik sendiri. Email yang didapat merupakan email milik sendiri, bukan forwading. Sebelum ketahap pembuatan alangkah baiknya bila pahami arti dari email dan fungsinya.

Pengertian Email

Email adalah singkatan dari electronic mail yang merupakan surat atau pesan dengan format digital.

Fungsi Email

Fungsi email adalah sebagai sarana untuk mengirimkan atau menerima surat melalui jalur internet. Data yang bisa dilampirkan dalam email tersebut berupa data digital diantaranya yaitu, dokumen, musik, video dan gambar, software, dan data-data digital lainnya.

Jenis-jenis Layanan Email

POP Mail
Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari Internet Service Provider Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).

Web Based Email
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain-lain.

Email Forwarding
Fasilitas yang memungkinkan pengalihan suatu e-mail ke alamat email lainnya, Dengan kata lain, mail server yang melayani e-mail forwarding hanya bertindak sebagai perantara.

Manfaat Email

1. Dapat menghubungkan dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal
2. Dengan email, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat
3. Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang pada saat bersamaan
4. Memudahkan komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.

Cara Membuat Email Sendiri Dengan Ekstensi Domain

1. Login ke akun hosting, cPanel > Email > Email Accounts
2. Silahkan isi email, domain, dan password, bila semuanya telah terisi pilih Crate Account
Membuat Akun Email

Cara Isi:
Email: silahkan diisi dengan email yang akan dibuat. Misal Anda ingin membuat email dengan alamat admin@teraa.net, isi dengan admin
Domain: pilih opsi nama domain yang akan digunakan (jika domain yang ada pada akun hosting tersebut lebih dari satu)
Password: isi dengan password dari Mail account yang ingin dibuat, lalu isikan lagi password yang sama pada isian Password (Again)
*Password strength secara otomatis akan mengukur tingkat kesulitan password yang Anda buat. Semakin tinggi nilainya, semakin aman password Anda
Mailbox Quota: isi dengan kapasitas email yang dikehendaki
*Mailbox quota harus disesuaikan dengan total kapasitas account hosting yang Anda miliki. Saran, jangan gunakan opsi Unlimited, kolom isian ini harus tetap diisi, tujuannya untuk memudahkan kita mengontrol penggunaan kapasitas email pada hosting.

3. Anda telah berhasil membuat email dengan ekstensi domain
4. Untuk menggunakannya masuk ke webmail yang diberikan oleh penyedia hosting.

Demikian informasi cara membuat email unik dengan ekstensi domain. Bila Anda berhasil mencobanya pasti menganggap oh ternyata caranya cukup mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *