Cara Mengubah Suara di Video Menjadi Besar atau Cempreng

Posted on

Belajar video editing memang sangat menyenangkan apalagi Anda lagi mendalami profesi sebagai seorang Youtuber. Profesi ini lagi digemari anak muda, betapa tidak mereka yang membuat video kreatif dan unik pasti banyak viewernya sehingga pundi-pundi rupiah datang dengan sendirinya.

Belajar video editing kali ini yaitu membuat efek suara pada video menjadi besar atau kecil (cempreng). Contohnya suara menggelegar dan suara cempreng mirip robot. Pernahkah Anda melihat tayangan televisi yang mewawancarai para terdakwa dengan suara cempreng, ya itulah salah satu video editing yang dibahas ini. Efek suara besar dan suara kecil ini artinya bukan menaikan volume suara, melainkan menjadikan suara normal dengan nada yang lebih besar atau kecil.

Banyak sekali program video editing yang dapat Anda gunakan seperi Adobe Premiere Pro, Sony Vegas, Corel Video Studio, dan Wondershare Filmora. Bagi pemula direkomendasikan menggunakan Wondershare Filmora, program ini memang diciptakan untuk mereka yang baru belajar video editing. Tools yang terdapat pada Wondershare Filmora sangat lengkap, Anda hanya perlu membiasakan dengan fungsi dari masing-masing tools.

Baca: Cara Copy Paste Artikel Website atau Blog Yang Dikunci

Anda dapat mengubah suara pada video yang telah jadi misalnya video klip dari band kesayangan dan atau video yang baru direkam. Jadi yang diubah adalah suara pada video tersebut menggunakan pitch control. Untuk mengubah suara laki-laki menjadi perempuan dan begitu juga sebaliknya bisa memanfaatkan pitch control.

Pengertian Pitch Control

Pitch Control dapat diartikan pengendalian terhadap lontaran suara. Yang dimaksud suara di sini bisa berupa nyanyian dan pembicaraan. Istilah pit control sering muncul dalam dunia musik. Berikut ini adalah contoh pitch control untuk suara normal, suara tinggi, dan suara kecil (cempreng).

Cara Mengubah Suara Pada Video Menjadi Besar dan Kecil

1. Buka Wondershare Filmora
2. Buka video yang akan diedit suaranya, kemudian drag ke time line
Wondershare Filmora
3. Arahkan mouse ke time line kemudian klik 2x
Pitch Audio Control
4. Perhatikan Pitch pada Wondershare Filmora, untuk mengubah suara menjadi lebih besar geser ke kiri, sedangkan untuk suara kecil geser ke kanan
5. Untuk menyimpan perubahan pilih OK
6. Untuk menyimpan video hasil editing pilih menu Export.

Demikianlah informasi cara mengubah suara pada video menjadi besar dan atau kecil. Dengan mencoba tutorial ini berarti Anda belajar mengenai efek suara. Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.