Arti NIP CPNS (Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil)

Posted on 615 views

Peserta tes CPNS yang dinyatakan lulus SKD berhak mengikuti SKB sebagai penentuan akhir diterima atau tidaknya CPNS. Setelah dinyatakan diterima maka berhak mengajukan pemberkasan untuk mendapatkan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil (NIP). Dari pengajuan pemberkasan hingga terbitnya NIP bisa membutuhkan waktu yang agak lama sehingga banyak yang tidak sabar untuk mengeceknya sendiri.

Namanya saja baru diterima CPNS, tentu sangat antusias menunggu kedatangan NIP. Segala hal yang berkaitan dengan NIP, Anda gali sendiri informasinya di Google. Apakah itu salah? tentu tidak, karena secara tidak sengaja kemampuan Anda untuk menemukan jawaban akan segera terjawab.

Momen masa terbitnya NIP merupakan hal menarik yang bakal Anda ingat sampai tua. Karena dengan NIP legalitas sebagai PNS telah diakui oleh pemerintah sehingga berhak mendapatkan gaji dan tunjangan. Bagi bapak/ ibu guru PNS yang telah memiliki sertifikat pendidik (serdik) juga bakal mendapatkan tunjangan profesi, pokoknya gaji PNS sekarang lebih dari cukup. Kalau di institusi TNI/ Polri, nama lain tunjangan profesi ini adalah remunerasi.

Baca: Cara Cek Sertifikat Pendidik (Serdik) Secara Online

 

Arti NIP?

NIP adalah Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil yang terdiri dari 18 (delapan belas) digit, tiap digit mempunyai arti sendiri sebagai kode untuk menyatakan tanggal lahir, tahun pengangkatan, jenis kelamin, dan nomor urut.

Aturan penulisan NIP diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 22 Tahun 2007 Tanggal 28 Maret 2007, tentang Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil. Selengkapnya silahkan baca dan download melalui link berikut ini.

Download: Perka BKN No. 22 Tahun 2007 tentang Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil

 

Manfaat NIP CPNS

Peserta CPNS yang telah mendapatkan NIP tidak langsung otomatis menjadi PNS, harus melalui serangkaian penilaian dulu hingga tiba saatnya mengikuti diklat prajabatan. Setelah itu mendapatkan SK 100% yang artinya Anda telah diangkat menjadi PNS tetap, bukan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) lagi.

Manfaat NIP bagi CPNS adalah sebagai legalitas resmi yang diakui pemerintah untuk membedakan PNS dan Non PNS. Setelah mendapatkan NIP maka bisa dicantumkan di bawah nama PNS maupun di dada.

Ibaratnya motor, NIP ini adalah plat nomornya. Motor yang ada plat nomornya bisa dibawa jalan keman-mana, begitu juga CPNS/ PNS yang siap untuk bekerja.

 

Cara Membaca NIP CPNS

Sebelum memutuskan untuk mengecek NIP telah terbit atau belum pastikan bisa membaca dan mengurutkan NIP sendiri. Kalau sudah bisa nanti lanjut ketahap berikutnya yaitu cara cek NIP CPNS, supaya cepat paham langsung saja pada contohnya.

Contoh NIP 19860726 202008 1 003

 

Arti digit pada nomor NIP CPS

Perhatikan contoh NIP di atas, kemudian baca penjelasannya berikut ini:

  • 8 (delapan) digit Pertama adalah Tahun, Bulan dan Tanggal Lahir, pada NIP Contoh diatas 19860926, berarti Tahun 1986, Bulan 07 (Juli), Tanggal 26
  • 6 (enam) digit berikutnya adalah TMT CPNS atau Tahun dan Bulan Pengangkatan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), pada NIP Contoh di atas 202008 berarti diangkat sebagai CPNS pada tahun 2020, bulan 08 (Agustus)
  • 1 (satu) digit berikutnya adalah angka pengenal untuk menunjukkan Jenis kelamin (angka 1 untuk Laki-laki/ pria, angka 2 untuk perempuan/ wanita), pada NIP Contoh di atas 1, berati Jenis kelamin pemilik NIP tersebut adalah laki-laki/ pria
  • 3 (tiga) digit terakhir adalah angka pengenal yang menunjukkan Nomor Urut CPNS, Dikarenakan terdapat kemungkinan beberapa PNS memiliki Tahun, Bulan dan Tanggal lahir yang sama, Tahun dan Bulan Pengangkatan CPNS Sama juga, Serta Jenis Kelamin yang sama. Oleh karena itulah Nomor Urut (indeks urutan) tersebut diperlukan sebagai Angka Pengenal, dari contoh NIP di atas 003, berarti NIP tersebut diberikan Nomor Urut 3 oleh BKN. Artinya pemilik NIP tersebut adalah yang ketiga diurutkan oleh BKN berdasarkan pendataan Tanggal Lahir, TMT CPNS dan Jenis Kelamin.

 

Misalnya jika ada NIP 19860726 202008 1 005 maka pemilik NIP tersebut adalah urutan 005 (kelima) yang sama tanggal lahir, TMT CPNS, dan Jenis Kelaminnya dengan urutan sebelum 005. Dan apabila ada kelanjutannya dengan tanggal lahir, TMT CPNS, dan Jenis Kelamin yang sama maka akan diurutkan ke 006, dan begitulah seterusnya (disesuaikan dengan formasi kebutuhan).

 

Cara Cek NIP CPNS

Sembari menunggu terbitnya NIP CPNS mari cek secara berkala melalui portal Profil PNS. Ini adalah portal resmi milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk melihat terbitnya NIP CPNS.

Cek terbit NIP CPNS

Silahkan buka  e-Monitoring moRI kemudian ketik NIP milik Anda sendiri. Perhatikan poin Cara Membaca NIP CPNS yang telah dijelaskan di atas, kemudian urutkan NIP milik Anda sendiri kemudian ketik di kolom NIP Baru. Tekan Enter, tunggu sistem memproses data Anda, kalau NIP sudah terbit maka akan ditampilkan melalui portal e-Monitoring moRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.