Arti kode F dan K pada prosesor Intel

Arti Kode F dan K Pada Prosesor Intel

Posted on 12 views

Intel Core i5-9400F, Intel Core i7-10700K, dan Intel Core i7-10700KF adalah serangkaian prosesor Intel yang menggunakan kode F dan K pada penamaan kodenya bahkan ada yang merupakan gabungan antara F dan K seperti Intel Core i7-107000KF. Pemberikan kode ini mulai berlaku pada generasi ke 9 atau yang disebut Coffe Lake, meskipun produknya telah beredar di pasaran namun masih banyak yang belum tahu arti kode F dan K pada prosesor Intel.

Sebelum menuju tahap pembahasan mari bahas dulu apa yang biasanya didapatkan dari prosesor Intel. Prosesor merupakan otaknya komputer yang digunakan untuk berfikir menjalankan perintah dari penggunanya. Selain itu di dalam prosesor juga tertanam Graphic Card (VGA) yang outputnya melalui port video yang ada pada motherboard.

Baca: Mengenal Macam-Macam Port Pada Komputer

Graphic Card bawaan prosesor inilah yang disebut VGA Onboard, kalau menambahkan Graphic Card sendiri disebut VGA Discrete/ Diskrit. Kemampuannya cenderung standart dan hanya bisa digunakan untuk menjalankan program office dan game ringan, kalau untuk editing dan gaming disarankan menggunakan VGA Diskrit.

Cara mudah memahami 2 fungsi di dalam prosesor adalah bayangkan bentuknya kotak segi empat yang dibagi menjadi 2. Bagian pertama untuk prosesor dan bagian kedua untuk Graphic Card. Karena terbagi 2 fungsi inilah power berfikir sesungguhnya menjadi berkurang sehingga lahirlah prosesor intel dengan kode F.

 

Arti Kode Pada Prosesor Intel

Berikut ini arti kode pada prosesor Intel, khususnya untuk F dan K:

 

1. Arti Prosesor Intel Tanpa Kode F dan K

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bila Anda membeli prosesor dengan graphic card terintergrasi maka tidak ada kode F dan K. Contohnya Intel Core i5-10400. Artinya prosesor tersebut sudah ada Intel HD di dalamnya, bila kurang puas dengan kempuannya bisa menambahkan Graphic Card pada slot PCI Exspress.

 

2. Kode F Pada Prsoesor Intel

Bila Anda membeli prosesor intel dengan kode F di belakanya artinya prosesor tersebut tanpa Graphic Card terintegrasi dan Anda wajib menggunakan VGA Diskrit untuk menampilkan gambar pada komputer.

 

3. Kode K Pada Prosesor Intel

Arti kode F berbeda dengan K karena prosesor ini sejatinya untuk overclocking. Artinya powernya bisa ditingkatkan dengan fitur overclocking di dalamnnya.

 

4. Arti kode KF Pada Prosesor Intel

Prosesor Intel yang menggunakan kode KF seperti Intel Core i7-107000KF artinya tidak ada graphic card terintegrasi dan bisa dioverclocking.

 

Pilih Prosesor Dengan Graphic Card Terintegrasi atau Murni Prosesor?

Jawabannya tergantung kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Bila mempunyai dana terbatas tidak ada salahnya membeli prosesor Intel tanpa kode F dan K, namun bila niatnya ingin menambahkan VGA Diskrit sebaiknya memilih prosesor dengan kode F.

Prosesor ini benar-benar digunakan untuk berfikir sedangkan kemampuan gambar dijalankan melalui VGA Diskrit. Cocok untuk Anda yang bekerja secara multitasking dengan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Urusan ngegame, rendering video bisa Anda lakukan secara bersamaan tanpa ngelag menggunakan prosesor Intel tanpa Graphic Card terintegrasi.

Baca: Mengenal 4 Macam Prosesor Intel Core iX

 

Kenapa Intel Memberikan Opsi Untuk Menggunakan Prosesor Murni?

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau harga prosesor Intel jauh lebih mahal daripada AMD, rata-rata yang membelinya orang yang mempunyai duit dan ngejar perfoma. Dana pas-pasan pasti orang menggunakan AMD dengan harapan bisa menyamai perfoma Intel.

Karena hal inilah Intel berani mengeluarkan prosesor murni tanpa Graphic Card terintegrasi dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi dari prosesor intu sendiri yaitu berfikir. Supaya fikirannya tidak terbagi maka lahirlah prosesor dengan kode F. Orang yang membelinya tentu telah menyiapkan dana untuk menambahkan VGA sendiri melalui slot PCI Express.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.