Intel Core i

Macam-Macam Prosesor Intel Core i Untuk Komputer/ Laptop

Posted on

Prosesor adalah otak komputer yang mampu menjalankan perintah dari penggunanya. Semakin bagus prosesor yang digunakan maka semakin cepat dia bekerja. Perusahaan pembuat prosesor komputer yang cukup terkenal ada 2 yaitu Intel dan AMD, namun dalam pembahasan ini hanya mengulas produknya Intel. Kelas paling tertinggi adalah keluarga Intel Core i (i3, i5, dan i7).

Semua prosesor Intel Core i telah dilengkapi turbo boost yang aktif dengan sendirinya ketika komputer diajak bekerja berat seperti bermain game dan rendering video. Prosesor jenis ini harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan Intel Atom dan Intel Celeron, namu power yang dihasilkan sepadan dengan harganya.

Bila Anda membutuhkan komputer yang mampu menjalankan beberapa program sekaligus (multitasking) jawabannya adalah Intel Core i. Banyak yang mengira kalau Intel Core i7 adalah yang tertinggi dikelasnya, itu dulu namun sekarang telah ada Intel Core i9.

Intel Core i9 dirilis pada tanggal 30 Mei 2017 dan sekarang mudah ditemui di beberapa toko online dan offline di Indonesia. Prosesor ini untuk platform kelas Enthusiast, Core X Series. Di kelas tertinggi adalah Core i9 yang terbagi lagi menjadi Core i9 Extreme Series dan Core i9 X-Series.

4 Jenis Prosesor Intel Core i Untuk Komputer/ Laptop

Intel Core i3

Tidak semua prosesor Intel Core i3 dilengkapi fitur turbo boost, hanya ada di seri tertentu saja. Meski begitu semua Core i3 ada fitur hyperthreading yang mampu mensimulasikan jumlah processor yang ada untuk bekerja secara multi-proccess pada bagian yang lebih kecil.

Core i3 memiliki 2 inti prosesor dengan pasokan daya terkecil namun tenaganya besar. Prosesor ini cukup mampu menjalankan program editing video dan game terbaru jika dipadukan dengan VGA modern. Kemampuan VGA bawannya juga mumpuni untuk aplikasi sederhana yang ada diperkantoran.

Intel Core i5

Intel Core i5 telah dilengkapi turbo boost dan hyperthreading sehingga menjadikannya lebih superior dibandingkan Core i3. Prosesor ini memiliki 4 inti prosesor yang mampu menjalankan aplikasi editor photo, rendering program, 3D dan program program berat lainnya. Fitur turbo boost adalah teknologi yang mampu membuat processor bekerja secaramaksimal dan menahan panas yang di akibatkan dari pemakaiaan over (pemakaain berlebiahan atau pemakaain program yang berat)

Intel Core i7

Intel Core i7 menjadi tak terkalahkan di versi laptop dan desktopnya semenjak kemunculan Core pocessors di 2006. Core arsitektur kini ditantang oleh processors AMD kelas tinggi. Dengan Phenom nya, AMD berusaha raih pangsa pasar dengan strategi harga murahnya. Kini AMD harus extra waspada. Pasalnya Intel telah keluarkan Core terbarunya yakni Core i7 dengan chipset X58.

Prosesor ini juga dilengkapi turbo boost dan hyperthreading, namun memiliki cache memory yang lebih besar dibandingkan Core i5. Konsumsi daya pada Core i7 sedikit lebih besar dibandingkan Core i3 dan Core i5 sehingga membuatnya cepat panas. Intel Core i7 mampu menjalankan aplikasi berat secara multitasking yang memungkinkan Anda mampu bermain game bersamaan rendering video.

Intel Core i9

Core i9 adalah processor terbaru intel, dengan spesifikasi memiliki 6 core dengan kecepatan 2.8 Ghz dengan L2 256KB X 6 dan L3 12MB. Procesor ini ternyata lebih hemat power dibanding Corei 7 dan Core 2 Quad pada kecepatan yang sama. Tidak itu saja, Core i9 lebih dingin hampir 8 derajat dibandingkan Core 2 Quad, Core i5 dan Core i7.

Untuk gaming kelas FPS, Core i9 memiliki angka relatif. Test benchmark game FarCry 2 dan Unreal Tournament dipegang oleh Core i9, disusul Core i7, Corei 5, Core 2 Quad dan terakhir Phenom II X4. Game Left 4 Dead unggul oleh Core i5, diisusul Core 2 Quad, Phenom II X4, Core i9 (Gulftown) dan terakhir Core i7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *