Cara Menulis Artikel SEO

Cara Menulis Artikel Ala Yoast SEO Untuk Blog/ Website

Posted on

Sekedar menulis saja ternyata tidak cukup, pasalnya bogger harus menguasai teknik SEO untuk mendapatkan banyak visitor dari artikel yang ditulisnya. Search Engine Optimization (SEO) adalah cara yang dilakukan untuk memaksimalkan blog di mesin pencari, jadi yang dioptimalkan bisa artikel dan templatenya.

Bagi pengguna platform WordPress tentu tidak asing lagi dengan Yoast SEO yaitu plugin untuk memaksimalkan blog WordPress di mesin pencari. Fitur yang ditawarkan dari Yoast SEO banyak sekali diantaranya adalah panduan menulis artikel sesuai rambu-rambu yang disarankan oleh Google, Title Meta Tags, dan XML Sitemap.

Di sini tidak diulas semuanya namun haya fokus pada “Cara Menulis Artikel Ala Yoast SEO Untuk Blog/ Website”, karena dapat diterapkan pada semua platform blog seperti Blogger.com dan Tumblr. Harapannya para blogger dapat menulis artikel sesuai panduan Yoast SEO sehingga artikelnya ramah mesin pencari dan mendapatkan banyak visitor.

Panduan Menulis Artikel Ala Yoast SEO

1. Tulis Artikel Minimal 300 Kata

Semakin banyak kata dalam postingan artikel memungkinkan beberapa keyword dapat di index mesin pencari. Untuk itu gunakan pemilihan kata yang bervariasi sesuai keyword yang dibidik. Yoas SEO merekomendasikan minimal 300 kata dalam satu artikel, lebih banyak dari itu malah bagus misalnya 500 hingga 100 kata.

2. Tambahkan Gambar Pada Postingan Blog

Menambahkan gambar pada postingan artikel dapat memperkuat pesan yang ingin disampaikan melalui tulisan tersebut. Untuk itu usahakan sisipkan gambar pada artikel yang Anda turis. Contohnya seperti ini, ketika menulis artikel “Cara Merakit Komputer” tanpa disertai gambar maka pengunjung malas membaca tutorial tersebut dan lebih memilih blog lain yang menyertakan gambar dalam tutorialnya.

3. Tambahkan Link Masuk dan Link Keluar

Link masuk (inbound link) dan link keluar (outbound link) ternyata sangat disukai Google karena dengan adanya link masuk dari artikel blog Anda dapat memudahkan para pembaca untuk menelusuri artikel yang lain. Begitu juga dengan link keluar yang memberikan rekomendasi untuk membuka sumbernya.

4. Hindari Penggunaan Kata Yang Berulang-Ulang

Penggunaan kata secara berulang-ulang ternyata membuat robot mesin pencari bingung mengindex kata kunci/ keyword pada postingan artikel, untuk itu kurangi penggunaan kata yang sama. Misalnya Anda menulis artikel tentang “Cara Merakit Komputer”, hindari penggunaan kata “Komputer” secara berlebihan.

Baca: 2 Plugin SEO Yang Direkomendasikan Untuk WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *