Solusi Komputer Tak Bersuara Saat Menggunakan HDMI

Posted on

Beberapa hari yang lalu TERAA.NET mempunyai masalah saat presentasi di depan orang banyak yaitu ketika mau menampilkan file Audio Visual suaranya tidak bunyi. Sudah mengubah indikator volume pada laptop dan speaker tetap saja nggak bunyi. Akhirnya presentasi dilanjutkan dengan materi tanpa suara.

Setelah presentasi selesai akhirnya mencari penyebab atau letak kesalahan kenapa audionya tidak bersuara. Presentasi menggunakan proyektor dengan port HDMI yang dihubungkan ke laptop. Setelah mengotak-atik pengaturan audio pada Windows akhirnya menemukan solusi permasalahan tersebut.

Ketika komputer terhubung dengan HDMI maka opsi/ pilihan audio ada 2 yaitu bawaan komputer itu sendiri dan output yang dikeluarkan bersamaan port HDMI. Kalau opsi ini tidak dipilih maka secara default menggunakan yang HDMI sehingga suara tidak muncul dari komputer/ laptop. Sebelum menuju pada tahap pembahasan sebaiknya pahami dulu apa itu port HDMI.

High-Definition Multimedia Interface (HDMI) adalah port untuk menghubungkan komputer/ laptop ke LED, LCD, dan proyektor. Pada komputer dekstop port HDMI terletak dibelakang casing sedangkan pada laptop ada disamping kiri atau kanan.

Baca: Cara Memperbaiki Layar Komputer Blank (Hitam)

HDMI diciptakan untuk melengkapi kekurangan yang ada pada port VGA, port ini mampu menampilkan gambar yang lebih tajam dan jernih bila dibandingkan VGA. Namanya multimedia interface berarti output HDMI bisa menampilkan gambar dan suara berbeda dengan VGA yang hanya gambar saja.

Tahukah Anda bahwa port untuk mengubungkan komputer ke LED, LCD, dan Proyektor itu ada 3 macam yaitu VGA, DVI, dan HDMI. Perangkat keluaran terbaru rata-rata sudah tersedia port HDMI, tetapi masih banyak juga yang menggunakan VGA.

Mengatasi Komputer Tak Bersuara Ketika Terhubung ke LED/ LCD/ Proyektor

1. Contoh ini diterapkan pada Windows 10, untuk seri dibawahnya kurang lebih caranya adalah sama
2. Arahkan kursor ke icon Sound yang berada di pojok kanan bawah, kemudian Klik
Memperbaiki audi komputer/ laptop tak bersuara ketika terhubung HDMI
3. Karena di sini TERAA.NET menggunakan output audio 2 dan terhubung ke monitor LED dengan port HDMI maka pilihan devicenya ada 3
Presentasi dengan proyektor tidak mengeluarkan suara
4. Silahkan sesuaikan outputnya mau menggunakan device yang mana maka suara speaker akan keluar.

Demikianlah informasi cara memperbaiki audio komputer/ laptop yang tidak berbunyi ketika terhubung ke LED, LCD, Proyektor yang menggunakan port HDMI. Setelah mencoba menerapkannya pasti Anda menyimpulkan bahwa mudah sekali mengatasi permasalahan tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.