Cara Memperbaiki Layar Komputer Blank (Hitam)

Posted on

Terjadinya kasus layar komputer blank bukan disebabkan karena monitor/ LED yang rusak melainkan lebih ke hardware lain seperti memory, harddisk, dan pengaturan BIOS yang keliru. Jadi kalau masih beranggapan yang rusak layarnya itu salah besar.

Layar blank pada komputer merupakan sesuatu yang sangat menyeramkan karena tidak mau menampilkan gambar dan yang ada cuma warna hitam. Layar blank berbeda dengan blue screen karena penyebabnya lebih berhubungan dengan hardware sedangkan blue screen kaitannya dengan Windows yang error.

Bila permasalahan ini terjadi pada komputer dekstop maupun laptop maka Anda tidak bisa bekerja menggunakan kedua perangkat tersebut dan segera harus diperbaiki. Daripada dibawa keteknisi lebih baik atasi permasalahan tersebut sesuai dengan cara yang diberikan TERAA.NET.

Berikut ini ada 4 cara memperbaiki layar blank pada komputer diantaranya adalah dengan Memeriksa RAM, Memeriksa Harddisk, Melepas Kabel dan Pasang Kembali, serta Mengatur Ulang BIOS. Berikut ini adalah detail dari keempat cara tersebut.

4 Cara Memperbaiki Layar Komputer Dekstop/ Laptop Blank

1. Periksa RAM (Random Access Memory)

Langkah pertama jika komputer tidak menampilkan gambar pada layar maka periksalah memory/ RAM. Bila slot memory tersedia lebih dari satu maka cobalah untuk memindahkan ke slot berikutnya dan hidupkan kembali komputernya apakah telah menampilkan gambar.

Bila belum berhasil silahkan lihat slot memory ada kotoran yang mengganjal apa tidak, kalau ada coba bersihkan. Perhatikan pula pink/ kaki-kali memory yang berwarna kuning keemasan bila kusam maka bersihkan dengan penghapus sampai bersih.

Membersihkan PINK Memory Dengan Penghapus
Gosok PIN Memory dengan penghapus

PIN memory tersebut sebagai penghantar arus listrik dari motherboard ke memory. Anda bisa menggosoknya dengan penghapus dari kiri ke kanan atau kana ke kiri. Kemudian pasang kembali memory dan lihat hasilnya apakah layar tidak blank lagi.

Kalau ada stok memory Anda bisa menggantinya dengan yang baru kemudian membandingkan dengan yang lama. Bila menggunakan memory baru lancar maka kerusakan pada yang lama.

2. Periksa Harddisk

Cara ini boleh Anda lakukan ketika layar masih menampilkan tulisan atau indikator kedip-kedip pada layar (bukan tombol power ON/ OFF). Untuk kasus ini biasanya komputer menampilkan pesan tertentu pada layar dengan teks putih namun tidak mau booting ke sistem operasi.

Untuk memperbaikinya cobalah periksa kabel SATA yang menancap pada harddisk yang terhubung ke motherboard, perhatikan kabelnya terlepas atau tidak. Kalau komputernya sering dibongkar ulang biasanya kabel SATA ini konektornya mudah longgar/ tidak rapat lagi sehingga tidak nyambung ke motherboard.

Baca: Cara Mengatasi Layar Laptop Windows 10 Mati atau Sleep

Kalau perlu Anda bisa mengganti kabel SATA tersebut dengan yang baru kemudian lihat hasilnya. Bila komputer berhasil booting berarti permasalahannya tuntas namun bila belum kemungkinan penyebabnya di harddisk.

Komputer mati dengan sendirinya karena pemadaman listrik atau dengan shutdown paksa menekan tombol power ON/ OFF dapat menyebabkan terjadinya bad sector pada harddisk. Ruang penyimpanan pada harddisk terdiri dari susunan blok sector, bila ada yang bad sector maka pindahkan ke yang normal.

Lalu bagaimana cara mengetahui bad sector harddisk? Anda bisa menggunakan software Hiren’s BootCD, atau melalui CMD dengan mengetik perintah sebagai berikut:
1. Buka Comand Prompt (CMD) pilih Run as administrator
2. Ketik perintah berikut ini kemudian tekan Enter

chkdsk

3. Tunggu proses cheking hingga selesai maka ditampilkan hasilnya sebagai berikut

Cek Bad Sector Harddisk Dengan CMD
Mengetahui bad sector harddisk dengan CMD

4. Silahkan perhatikan yang diberi tanda kotak putih, kalau ada yang bad sector maka angkanya bukan 0 melainkan angka diatasnya
5. Misalnya pada pengecekan menampilkan hanya 7 Kb maka kemungkinan bisa merembet lagi.

3. Lepas Kabel dan Pasang Kembali

Bila Anda telah menerapkan cara pertama dan kedua gagal selanjutnya coba bongkar PC (Personal Computer = Komputer Dekstop/ Laptop). Lepaskan semua kabel yang terhubung ke motherboard, harddisk, optical drive, dll. Lepas juga memory, prosesor, Graphic Card, kemudian pasang kembali layaknya merakit komputer. Terkadang cara ini berhasil mengatasi blank pada layar komputer/ laptop.

Bongkar Pasang PC
Lepaskan semua kabel pada komputer kemudian pasang kembali

4. Benahi Settingan BIOS

Settingan BIOS sangat menentukan keberhasilan komputer untuk bisa booting ke sistem operasi yang digunakannya. Intinya adalah pengaturan boot priority atau prioritas utama/ urutan pertama hardware yang berjalan pada saat komputer dinyalakan.

Yang bisa diatur pada BIOS adalah urutan boot untuk harddisk, optical drive, USB, dsb. Bila komputer Anda menggunakan harddisk lebih dari satu maka akan terdeteksi semuanya di menu boot options. Banyak pengguna komputer yang tidak paham dengan opsi ini sehingga terkadang terbaik antara boot harddisk yang digunakan untuk install sistem operasi dan data.

Untuk itu bila komputer Anda blank akibat kesalahan boot priority maka ubahlah yang jalan duluan adalah harddisk yang di install sistem operasi, bukan data. Cara masuk BIOS silahkan baca pada tautan berikut ini.

Baca: Cara Masuk BIOS Untuk Masing-Masing Merek Komputer

Kesimpulan

Demikilanlah informasi cara memperbaiki layar komputer yang blank, setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Cara tersebut bisa diterapkan pada komputer/ laptop sembari belajar jadi teknisi komputer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.