Canel Audio

Pengertian Format Audio 5.1, 7.1, 11.1 Pada Filem

Posted on

Ketika mendownload filem mungkin Anda pernah menemukan video dengan format Audio 5.1. Orang awam seperti kita tidak terlalu memperhatikan hal tersebut, yang penting dapat filemnya lalu ditonton sudah cukup. Namun tidak ada salahnya mengerti tentang format Audio 5.1 untuk menambah pengetahuan kita.

Sebutan yang tepat sebenarnya bukan format audio melainkan canel. Contoh yang tepat untuk menggambarkan format audio adalah mp3, wav, dan aac, sedangkan canel audio contohnya 5.1, 7.1, dan 11.1. Sejarahnya canel audio ini dikembangkan oleh perusahaan pembuat perangkat audio Dolby dan DTS.

Canel Audio 5.1 banyak ditemukan di bioskop dan disebut juga surround yang artinya mengelilingi karena sistem suara ini memang dibuat seperti mengelilingi penonton sehingga membuat penonton seolah-olah berada di dalam film yang dilihatnya. Sistem suara versi pertamanya memiliki canel 5.1  yaitu Left, Left Surround, Center, Right Surround, Right dan Subwoofer, kemudian dikembangkan menjadi versi 7.1 yang memiliki canel tambahan yaitu Rear Right dan Rear Left dan dikembangkan lagi menjadi 11.1 yang memiliki tambahan canel Rear Center dan Front Center.

Baca: Cara Membuat Video Tulisan Spidol Dengan Sparkol VideoScribe

Canel 5.1 memilki 6 kanal suara terpisah, jadi bila Anda memutar filem dengan Audio 5.1 maka seolah-olah kelihatan nyata. Perpaduan antara visual da audio membuat filem semakin menarik untuk dilihat dan didengar. Pada prakteknya kanal ini direalisasikan dengan kanal subwoofer, untuk memvisualisasikan suara efek seperti bom, gemuruh gempa dan hentakan kaki dan sebagainya. Namun pengertian kanal LFE (Low Frekquency Effect) tidak mesti sama dengan subwoofer, sebab membawa informasi fraksi dari frequensi-frequensi rendah yang bisa saja dibagi ke speaker surround kanan dan kiri.

Mengenal Macam-Macam Canel Audio

Canel audio yang ada hingga saat ini sebenarnya bukan surround sound (Audio 5.1, 7.1, 11.1) saja melainkan ada yang lain. Berikut ini macam-macam canel audio:

1. Sistem Suara Mono
Suara yang satu ini dihasilkan dan keluar dari satu canel suara dan memang kalah berkembang dengan sistem suara yang lainnya dan memang sudah agak kuno. Untuk pemakaiannya, kita bisa temukan di televisi atau radio radio tua terutama.

2. Sistem Suara Stereo
Stereo merupakan yang paling familiar di telinga kita karena memang hampir semua musik atau lagu yang diproduksi oleh industri memakai sistem suara stereo. Sistem ini memakai lebih dari satu buah canel suara yaitu 2.0 atau ada juga yang memakai 2.1. Perbedaan dari keduanya itu tidak mencolok, yaitu pada canel 2.1 ada komponen tambahan berupa subwoofer yang dapat meningkatkan suara bass dan kualitas yang dihasilkan.

Keduanya memakai 2 canel utama L dan R yang sering digunakan untuk menyingkat Right dan Left. Sistem ini dapat menghasilkan suara yang tampak jernih dan lebih natural dari sistem suara yang lainnya. Untuk penggunaanya sering kita temukan di PC, laptop, MP4 dan juga pada smartphone yang kita miliki.

3. Sistem Suara Surround
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa suara yang paling bagus dan baru adalah surround karena telah menggunakan canel 5.1 hingga 11.1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *