Cara Disable Antivirus Windows Defender

Cara Mematikan Antivirus Bawaan Windows 10

Posted on

Cara mematikan antivirus Windows 10, cara menonaktifkan Windows Security, dan cara disable Windows Defender adalah pertanyaan yang sering muncul dari pengguna Windows. Antivirus hadir untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus dari sistem komputer.

Antivirus dilengkapi engine guard untuk melindungi sistem operasi, program, dan file yang tersimpan di dalam harddisk. Bila ada pengguna Windows yang menginginkan untuk mematikan antivirus sangat kontradiktif dengan tujuan diciptakannya antivirus. Uniknya pengguna tersebut hanya mematikan sementara dan diaktifkan kembali bila keperluannya sudah selesai.

Kalau ditanya apa alasannya mematikan antivirus? rata-rata menjawab untuk menginstall program komputer yang membutuhkan crak dan patch. Kedua file ini berekstensi .exe yang biasanya digunakan untuk membuat software trial menjadi full. Contohnya master game, dan program berbayar lainnya yang didapatkan secara gratis.

Baca: Cara Mematikan Auto Update Windows 10

Secara default Windows 10 telah dilengkapi antivirus handal yang bernama Windows Security. Kalau di Windows 8 namanya Windos Defender dan di Windows 7 disebut Microsoft Security Essenstial. Karena ketiga antivirus ini sama-sama dibuat oleh Microsoft maka enginenya sama. Definiton updatenya juga sama namun harus menyesuaikan dengan arsitektur 32 Bit atau 64 Bit.

Tutorial cara mematikan antivirus Windows 10 ini tidak berlaku bila telah menggunakan antivirus lain seperti Avira, ESET, dan Norton karena caranya berbeda. Jadi murni ditujukan untuk pengguna yang menggunakan Windows Defender. Selengkapnya silahkan baca tutorialnya berikut ini.

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

1. Silahkan buka Defender Windows 10 dengan cara ketik “Windows Secuirty” tanpa tanda kutip pada Type here to search
2. Setelah muncul Windows Scurity maka klik 2x atau pilih Open

Cara mematikan antivirus Windows 10

3. Security at a glance > pilih Wirus & threat protection

Cara menonaktifkan antivirus Windows 10

4. Untuk mematikan atau menoaktifkan antivirus pada Windows 10 pilih Manage Settings

Cara disable antivirus Windows 10

5. Perhatikan pada Real-time protection, ubah dari On menjadi Off dengen menggeser ke kiri hingga menjadi seperti pada gambar berikut ini

Cara menonaktifkan Windows Security

6. Cara menghidupkan atau mengaktifkan antivirus di Windows 10 tinggal geser ke kanan hingga menjadi On.

Demikianlah informasi cara mematikan antivirus Windows 10, semoga informasi ini dapat menjawab ketidak tahuan Anda tentang  cara mematikan/ menonaktifkan/ disable antivirus bawaan Windows 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.