1 galon berapa liter

Sebenarnya 1 Galon Berapa Liter?

Posted on

Salah kaprah pemaknaan 1 galon berapa liter telah melekat di masyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa 1 galon 19 liter seperti yang dijual oleh AQUA dan CLEO. Masalahnya ada ukuran lain seperti galon kecil yang berukuran 6 liter, lha kalau sudah begini apakah 1 galon tetap 19 liter? atau 6 liter? untuk menjawabnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Tidak diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menyebut dan mempopulerkan nama galon hingga begitu terkenal saat ini. Seharusnya depo air minum menjual dengan satuan liter, bukan galon. Isi ulang air minum juga menggunakan kata galon untuk menyebut wadahnya, bukan liter.

Karena kesalahpamahaman inilah membuat TERAA.NET tertarik untuk membahasnya. Harapannya sih supaya masyarakat tahu ukuran yang sebenarnya 1 galon itu berapa liter. Sebenarnya kata “galon” sebagai satuan air minum dalam kemasan bukan wadahnya. Banyak yang mengira kalau wadah air ukuran besar disebut galon, ukuran kecil disebut botol, dan lebih kecil lagi disebut gelas.

Baca: Mengenal Ukuran Pipa, 1 DIM Berapa INCH atau CM

Air minum kemasan yang dijual di pasaran rata-rata dikemas dalam wadah berbahan plastik mulai dari galon, botol, dan gelas. Setiap wadah mempunyai isi (volume yang beragam), misalnya galon besar yang memuat air hingga 19 liter, 1 botol besar 1. 5 liter, dan gelas 240 mililiter. Sepertinya suka-suka pabrikan air minum mau jual produknya pakai ukuran yang mana.

Galon ini memang fenomenal karena pada menggunakannya. Misalnya ” Mbak galon AQUA berapa?”, “Ada galon AQUA asli nggak Mas?”, “Depo air minum yang jual galon di mana ya Kak?”

Baca: Ukuran Tanah 1 RU Berapa Meter Persegi

Ukuran Galon Dalam Satuan Liter

Satuan ukuran air yang dipakai di Indonesia adalah Liter dan Mililiter, ada juga yang menggunakan Kilogram namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Satuan galon berasal dari luar negeri tepatnya Amerika Serikat dan Inggris, jadi orang sana menyebut galon daripada liter.

Volume Galon Bedasarkan Negara Asalnya

  • 1 galon (USA) = 3.7 liter dan 1 galon (UK) = 4.54 liter

Volume Galon Berdasarkan Pabrikan Air Minum

  • 1 galon AQUA dan CLEO 19 liter
  • 1 galon sedang CLEO 6 liter.

Konversi Galon dalam Liter

  • Kemasan 5 galon =19 liter
  • Kemasan 4 galon = 15 liter
  • Kemasan 3 galon = 11 liter
  • Kemasan 2 galon = 7.6 liter
  • Kemasan 1 galon = 3.7 liter.

Sumber: dikutip dari berbagai sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.