1 Barrel = 159 liter

Satuan Minyak 1 Barrel Berapa Liter?

Posted on

Ketika melihat berita di televisi mungkin Anda pernah mendengar kata “barrel” atau “barel” seperti dalam pemberitaan “Harga perbarrel minyak mentah sekarang lagi mengalami kenaikan”. Selain melain itu istilah barrel juga sering muncul dalam pemberitaan portal berita online dan offline.

Meskipun begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia namun hanya sedikit orang yang benar-benar mengetahui 1 barrel itu berapa liter. Pertanyaannya adalah apakah Anda termasuk orang tersebut? bila Iya tepat sekali membaca artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Barrel adalah standar ukuran atau satuan yang lazim digunakan untuk perdagangan minyak mentah dunia, kalau sudah diolah jadi bensin premium, pertalite, dan pertamax sudah menggunakan satuan liter. Berdasarkan penjelasan singkat ini tentu Anda bisa membedakan satuan yang digunakan untuk minyak mentah dan minyak yang sudah diolah.

Satuan barrel pertama kali digunakan pada awal tahun 1860-an di Pennsylvania, Amerika Utara. Pada masa itu minyak bumi mulai diproduksi, tetapi belum ada standar kontainer (wadah) untuk minyak, sehingga produk petroleum didistribusikan dalam wadah barrel (tong), yang berbeda-beda bentuk dan ukurannya. Ada barrel (tong) bir, barrel ( tong) ikan, barrel (tong) anggur, ataupun barrel tong terpentine.

Secara umum saat itu digunakan barrel anggur, barrel = 42 US galon didasarkan standar lama Inggris pada tong anggur tierce dan barrel = 40 US galon atau 151,4 liter. Pada tahun 1866 baru disepakati standar wadah ukur barrel (tong) minyak di Amerika = 42 US galon berwarna biru, maka muncul singkat bbl (blue barrel).

Baca: Sebenarnya 1 Galon Berapa Liter?

Negara penghasil minyak mentah terbesar di dunia ada di Arab seperti Saudi Arabia, Irak, Dubai, Mesir. Sebelum popular menggunakan barrel tentu negara tersebut mempunyai satuan sendiri. Amerika dan Inggris termasuk negara pemenang dalam Perang Dunia II sehingga memberi dampak yang luar biasa termasuk satuan pengukuran.

Satuan Barrel Dalam Liter Maupun Galon

Berikut ini konversi Barrel dalam satuan Liter maupun Galon:

1 Barrel Berapa Liter?

  • 1 barrel = 158,9873 liter = 159 liter

Rumus konversi barrel ke liter

(nl) barrel = (nl) * 158.9873 liter

Keterangan: (nl) adalah nilai barrel yang akan anda konversi menjadi liter

1 Barrel Berapa Galon?

  • 1 barrel = 42 US galon
  • 1 US galon  =  2,785 liter.

Demikianlah informasi pengukuran 1 barrel berapa liter dan 1 barrel berapa galon. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang satuan pengukuran minyak mentah dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.