Membuat Background Windows 10 Hitam

Cara Mengaktifkan Tema Hitam (Dark Mode) Windows 10

Posted on

Windows 10 mempunyai fitur menarik yang jarang digunakan oleh para penggunanya, fitur tersebut adalah Dark Mode (Tampilan Hitam). Fitur ini jika diaktifkan akan merubah warna terang menjadi hitam yang bikin mata adem ketika melihatnya.

Sebagian besar pengguna belum mengaktifkannya karena tidak tahu fitur Dark Mode yang terdapat pada Windows 10. Bila Anda termasuk salah satunya maka baca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan penjelasan cara menggunakannya.

Sebenarnya Windows 10 menyertakan 2 mode pewarnaan pada jendela windows yaitu warna terang (Light) dan gelap (Dark), Anda bisa memilih salah satu mode dari kedua pilihan tersebut. Di sini TERAA.NET cenderung lebih suka yang gelap karena bikin mata jadi adem sehingga betah berlama-lama di depan komputer.

Ketika mengaktifkan fitur Dark Mode maka tulisannya secara otomatis berubah menjadi putih dan latar belakang jadi hitam. Mode gelap ini akan merubah warna terang pada semua jendela Windows dan file Xplorer. Fitur Dark Mode Windows 10 cocok disandingkan dengan Night Light untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar komputer.

Baca: Cara Mengaktifkan Night Light (Mode Malam Hari) di Windows 10

Baiklah kembali pada topik artikel berikut ini adalah cara mengganti tampilan terang (Light Mode) menjadi tampilan gelap (Dark Mode) pada Windows 10.

 

Cara Merubah Light Mode Menjadi Dark Mode Windows 10

1. Klik kanan di sembarang dekstop > pilih Personalize
2. Settings > pilih Colors. Perhatikan opsi “Chose your default app mode” ubah dari Light menjadi dark

Tampilan terang (Light Mode) pada jendela Windows

3. Sekarang Anda telah berhasil mengganti Light Mode menjadi Dark yang aktif di semua jendela Windows dan File Xplorer. Coba buka buka File Xplorer dan lihat hasilnya, jadi gelap bukan?

Dark Mode Windows 10
Tampilan gelap (Dark Mode) pada jendela Windows

4. Selain menggunakan Light dan Dark Mode, Anda juga bisa menyesuaikan pengaturan warna yang lain di Windows 10 seperti tampilan start, taksbar, title bar, dan window border.

Meskipun Dark Mode dan Light Mode hanya soal perbedaan warna namun kalau Anda mencoba fitur baru yang belum pernah dicobanya maka akan mendapatkan pengalaman menarik ketika menggunakan Windows 10.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.