Download Menggunakan uTorrent

Cara Download File Ukuran Besar Dengan Torrent

Posted on

Torrent adalah media upload atau download file ukuran besar dengan menggunakan sistem peer to peer. Inilah yang membedakan torrent dengan aplikasi download lainnya yaitu bila menggunakan torrent semakin banyak yang download file tersebut maka semakin cepat downloadnya. Berbeda dengan media download lain jika banyak yang download semakin down kecepatannya.

Bukan hanya file ukuran besar saja, file ukuran kecil juga bisa diupload ke torrent lalu download. Para downloader lebih menyukai torrent daripada aplikasi sejenis seperti IDM dan XDM. Mereka tidak ingin gagal download file ditengah jalan, ini adalah permasalahan klasik bila tidak download menggunakan torrent.

Anda dapat mendownload file ukuran besar seperti master game, sistem opeasi, film, dan lain sebagainya. Torrent mampu bekerja pada kecepatan internet rendah sehingga tidak perlu takut gagal download. Untuk download file torrent membutukan aplikasi yang bernama uTorrent dan BitTorrent, Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi dari kedua pilihan tersebut.

Media torrent juga merupakan protokol komunikasi sharing (berbagi) file/data secara peer to peer (P2P). Torrent adalah suatu metode mendistribusikan data dalam jumlah yang besar secara luas tanpa harus menanggung semua beban resource/ kinerja hardware, hosting, dan bandwith, pada distributor asli data/ file tersebut.

Ketika data didistribusikan menggunakan protokol torrent, setiap pengguna yang men-download file tersebut juga ikut mendistribusikan sebagian kecil data kepada pengguna baru yang men-download file tersebut. Hal ini mengurangi biaya dan kinerja dari sang distributor asli, serta ikut mengurangi ketergantungan terhadap distributor file yang asli.

Cara Download File Menggunakan Torrent

Sebenarnya ada 2 tahap download file dengan torrent yaitu mencari file yang akan didownload dengan ekstensi .torrent dan kedua mendownloadnya dengan aplikasi uTorrent atau BitTorrent. Berikut ini langkah-langkah download file dengan torrent:
1. Download aplikasi uTorrent dan atau BitTorent, sebenarnya selain kedua aplikasi tersebut masih banyak yang lainnya namun direkomendasikan menggunakan uTorrent atu BitTorrent
2. Install aplikasi tersebut ke dalam komputer dan jalankan
3. Tahap selanjutkan mencari file dengan ekstensi .torrent. Misalnya ingin download film Baby Driver 2017 maka harus mencari penyedia file torrent yang mengupload film tersebut. Di sini Admin menggunakan limetorrents
4. File torrent yang didownload tersebut berekstensi .torrent, misalnya BabyDriver2017.torrent
5. Buka uTorrent kemudian tambahkan Add Torrent dengan memilih tanda +. Tunggu proses download hingga selesai.

Beberapa Istilah Dalam Torrent

1. Seed/ Seeder
Adalah orang yang telah memiliki full copy dari sebuah file torrent. Kategori seeder ini adalah orang yang membuat torrent awal ataupun orang-orang yang telah selesai men-download sebuah file dan secara otomatis meng-upload-nya.
2. Leecher
Adalah orang yang baru saja men-download sebuah file torrent dan sama sekali tidak memiliki sebagian ataupun keseluruhan dari sebuah file. Peer juga masuk ke dalam kategori Leecher sebagai user yang sama sekali belum memiliki sebagian atau keseluruhan file.. Istilah Peer juga bisa diartikan sebagai user atau client.
3. A hit and runner
Adalah seorang leecher yang telah berhasil mendownload seluruh file dari sebuah file torrent, namun langsung keluar atau tidak meng-seed file tersebut sampai rasio mereka mencapai 1.0.
4. Swarm
Secara sederhana bisa disebut sebagai ekosistem, keseluruhan peers atau user yang sedang terkoneksi men-download sebuah file.
5. Ratio
Perbandingan antara jumlah upload dan download disebut: Rasio. Sistem rasio ini digunakan untuk memantau jumlah pengiriman dan penerimaan yang dilakukan.

Tips Downlaod Menggunakan Torrent

Bila ingin mendownload file torrent carilah yang memiliki Seeder paling banyak, biasanya informasi ini bisa didapat di web pada saat pencarian file torrent . Ini berarti jika tidak ada Seed berarti download tidak akan selesai-selesai, makin banyak seed makin cepat kita download, apalagi jika semua Seeder aktif (online). Saat mendownload file dengan menggunakan client torrent nanti akan terlihat jumlah seeder dan leecher-nya.

Baca: Xtreem Download Manager (XDM) Solusi Terbaik Pengganti IDM

Daftar Situs Penyedia File Torrent Terbaik

1. LimeTorrents
Download film, download musik, download software, Anda bisa melakukannya di LimeTorrents. Sebab, hampir semua file disediakan di sana. Bahkan, LimeTorrents memiliki sebuah sistem cache terbaru yang memudahkan Anda dalam pencarian.
2. Kickass Torrent
Kickass Torrent adalah salah satu situs torrent paling disukai. karena situs ini menyediakan torrent kualitas yang baik dan file yang dishare tidak ada virus atau trojan. Situs ini melayani jutaan downloader setiap hari di seluruh dunia. Desain baru dari tampilan Kickass Torrent benar-benar mengagumkan.
3. YourBitTorrent
Bila Anda ingin mencari aplikasi game, software silahkan kunjungi Yout BitTorrent, selain itu situs ini juga menyediakan beragam koleksi film, musik dan TV. Desain situsnya yang menarik dan mudah dipahami membuat Your BitTorrent selalu menjadi pilihan utama bagi downloader
4. Monova
Monova sangat mirip dengan Torrentz, Monova adalah mesin pencari torrents. Cukup ketik apa yang Anda cari, Monova akan memberikan link download langsung dari banyak situs yang berbeda.
5. 1337X
1337X memiliki tampilan yang hampir sama dengan Monova, Anda diberi kemudahan dengan cara mengetik file torrent yang ingin di download.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *