Cara Verifikasi Blog di Bing Webmaster Tools Untuk SEO

Posted on 6 views

Bing adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh Mircrosoft, mesin pencari ini menempati urutan kedua setelah Google. Tiap tahun pengguna Bing semakin bertambah sehingga mampu menggeser posisi Yahoo. Layaknya mesin pencari Google yang ada Google Webmasternya, di mesin pencari Bing ini juga ada yang namanya Bing Webmaster Tools. Gunanya untuk memverifikasi url blog/ website supaya keyword dalam postingan blog cepat diindex mesin pencari Bing.

Sebelum mendaftarkan url blog/ website pastikan Anda telah mempunyai akun Microsoft, bila belum punya silahkan register di sini. Setelah berhasil membuat akun Microsoft baru bisa membuka Bing Webmaster Tools dan memverifikasi url blog/ website. Sebaiknya Anda pahami dulu apa itu Bing Webmaster baru ketahap selanjutnya.

Sejarah Asal-Usul Bing Webmaster Tools

Bing merupakan bentuk reinkarnasi dari Live Search, Windows Live Search dan atau MSN Search yang dimiliki Microsoft. Bing merupakan situs mesin pencari web yang diiklankan sebagai mesin pengambil keputusan/ decision engine. Keakuratan Bing dalam mengekstrak keyword telah banyak disanjung penggiat teknologi.

Walau punya keutamaan yang tinggi, Search Engine yang pertama kali diluncurkan 2009 ini belum mampu menyaingi kepopuleran Google. Namun begitu, peminatnya dari waktu ke waktu terus meningkat, bahkan telah menyalip Yahoo yang juga dibawah naungan Microsoft. Kini pengguna lebih sering menyandingkan Google dengan Bing, dibanding Yahoo.

Perlukah Mendaftarkan Blog/ Website ke Bing Webmaster Tools

Bila ditanya perlukah memverifikasi blog/ website ke Bing Webmaster Tools? jawabannya sangat diperlukan. Dengan mendaftarkan alamat blog/ website ke Bing Webmaster Tools dapat meningkatkan SEO blog Anda. Pokoknya bila tujuannya untuk mendatangkan trafik pengujung, hukumnya wajib verifikasi Bing Webmaster Tools.

Cara Mendaftarkan Blog/ Website ke Bing Webmaster Tools

1. Login ke akun Microsoft, kemudian buka Bing Webmaster Tools
2. Add a Site, masukan url blog/ website Anda kemudian pilih ADD
3. Add a Sitemap > misalnya isi dengan https://teraa.net/sitemap.xml, kemudian pilih ADD
4. Perhatikan Option 2, itu adalah kode verifikasi blog/ website di Bing Webmaster Tools
5. Copy code tersebut dan letakkan di bawah kode <head> dan sebelum </head>
6. Kembali ke halaman Bing Webmaster Tools, kemudian pilih Verify
7. Selamat blog/ website telah terverifikasi oleh Bing Webmaster Tools.

Optimasi Penggunaan Bing Webmaster Tools Untuk Meningkatkan SEO Blog/ Website

Sebenarnya dengan verifikasi url blog/ website ke Bing Webmaster Tools saja sudah cukup, namun bila Anda ingin keyword diindex mesin pencari Bing lebih cepat optimalkan penggunaan Bing Webmaster Tools. Caranya dengan memanfaatkan tools Submit URLs. Tools ini letaknya di dashboard Bing Webmaster Tools > Configurasi My Site > Submit URLs.

Setiap bulannya Anda bisa mensubmit lebih dari 50 url. Sebaiknya setelah mempublish artikel silahkan copy linknya dan Submit URLs di Bing Webmaster Tools.

Demikian informasi cara verifikasi blog/ website di Bing Webmaster Tools, bila ada yang kurang jelas dan perlu ditanyakan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *