Cara Mengaktifkan atau Menambahkan Ekstensi IDM Pada Mozilla Firefox

Posted on

Cara mengaktifkan ekstensi IDM artinya cara yang dilakukan untuk menghubungkan browser dengan IDM supaya ketika download file muncul button download atau langsung download menggunakan IDM. Browser yang dimaksud di sini adalah Mozilla Firefox.

Mozilla Firefox adalah mesin perambahan yang dibuat oleh yayasan Mozilla dan para pengembang dari seluruh dunia. Browser ini bersifat open source yang artinya siapapun boleh menggunakan dan mengembangkannya. Pengguna Mozilla Firefox juga cukup banyak bahkan bersaing ketat dengan Google Chrome.

Apapun sistem operasinya pasti dipasang Mozilla Firefox, artinya pengguna internet mempercayakannya sebagai mesin perambahan yang handal. Untuk mempercepat proses download rata-rata para downloader menggunakan Internet Download Manager (IDM).

Baca: Cara Terbaru Mengintegrasikan IDM Dengan Browser Microsoft Edge

Ketika telah menginstall IDM seharusnya Mozilla Firefox langsung terhubung dengan IDM Itegration Module, namun pada kenyataannya ada yang status ekstensinya disable (mati). Bila seperti ini maka download pada browser Mozilla Firefox tetap menggunakan downloadernya Firefox bukan IDM.

Penyebab kenapa ekstensi IDM disable biasanya dikarenakan versi Mozilla Firefox dan IDM yang digunakan bedanya terlalu jauh, namun kalau kedua aplikasi tersebut sama-sama dikeluarkan pada bulan yang sama maka keduanya langsung terintegrasi.

Baca: Tips Mengoptimalkan Penggunaan IDM Untuk Download File

Untuk mengatasi permasalahan Mozilla Firefox tidak mau terhubung dengan IDM maka harus mengaktifkan ekstensinya secara manual yaitu dengan menginstall IDM Integration Module di IDMCC. Baiklah berikut ini cara meng-enable ekstensi IDM pada Mozilla Firefox.

Cara Mengaktifkan Ekstensi IDM Pada Mozilla Firefox

1. Buka halaman IDMCC For Firefox Update – Web Extensions
2. Sesuaikan ekstensi IDMCC dengan browser Mozilla Firefox yang Anda gunakan. Tersedia 2 pilihan yaitu untuk browser lama dan terbaru
Cara Install Ekstensi IDM Mozilla Firefox

3. Karena TERAA.NET menggunakan versi terbaru maka yang dipilih adalah Install for Firefox 53 and Newer
4. Getidmcc.com, Firefox prevented this site from asking you to install software on your computer > pilih Allow
Menambahkan Ekstensi IDM Mozilla Firefox

5. Kemudian tambahkan IDM Integration Module pada Mozilla Firefox dengan memilih Add
Mengaktifkan Ekstensi IDM Mozilla Firefox

6. Untuk mengecek apakah ekstensi IDM berhasil diaktifkan maka buka Add-ons Mozilla Firefox dengan cara tekan Ctrl + Shift + A, kemudian pilih Extensions dan lihat apakah IDM Integration Module telah aktif
7. Kini secara otomatis bila download menggunakan Mozilla Firefox maka akan terhubung dengan IDM.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.