Mengetahui Jumlah Slot Memory Laptop Tanpa Membuka Casing

Posted on

Mengetahui berapa jumlah slot memory pada laptop sangat penting sekali terutama untuk Anda yang ingin upgrade memory. Cara paling mudah mengetahuinya adalah dengan cara membongkar casing/ tutup bagian bawah laptop, dengan begitu Anda bisa melihat dengan jelas ada berapa slot memory pada laptop tersebut.

Masalahnya adalah kalau laptop tersebut masih dalam masa garansi biasanya harus merobek segelnya ketika melepas baut pada casing. Namun kalau masa garansinya sudah lewat Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal ini, tinggal buka beres. Banyak pengguna laptop baru yang tidak puas dengan perfomanya sehingga memutuskan untuk upgrade memory.

Jumlah slot memory pada setiap laptop adalah sama, ada yang 1 dan 2. Untuk laptop slim tidak ada slot memory karena telah tertanam bersama motherboard, namun kalau laptop tersebut agak tebal berarti ada slot memory yang bisa diupgrade. Jumlah slot memory tidak sebanyak di komputer dekstop, untuk laptop maksimal 2.

Baca: Perbedaan RAM DDR4, DDR4L, dan DDR4U (Lengkap)

Sekarang untuk melihat jumlah slot memory pada laptop/ komputer dekstop tidak harus membuka casing, cukup dengan install Piriform Speccy maka dapat diketahui berapa slotnya. Speccy adalah aplikasi untuk mengetahui spesifikasi hardware komputer secara detail termasuk memory.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa slot memory (memory slots) adalah tempat untuk menancapkan/ menaruh memory pada motherboard laptop/ komputer dekstop. Memory biasanya disebut juga dengan RAM (Random Access Memory) yang fungsinya untuk menyimpan data sementara saat komputer dijalankan.

Semakin besar spesifikasi memory maka proses menjalankan aplikasi/ program komputer juga semakin cepat. Memory adalah part komputer yang sering diupgrade untuk menambah perfoma selain prosesor.

Cara Melihat Jumlah Memory Slot Tanpa Membuka Casing PC

Komputer dekstop dan laptop merupakan bagian dari Personal Computer (PC), untuk itu cara mengetahui jumlah slot memory pada masing-masing motherboard adalah sama. Anda bisa memanfaatkan Speccy untuk melihat ada berapa slot memory pada komputer/ laptop. Supaya lebih jelas silahkan simak caranya berikut ini:

1. Download aplikasi Speccy, kemudian install pada komputer
2. Jalankan Speccy, tunggu beberapa detik sampai semua sepesifikasi hardware terbaca
3. Lanjutkan memilih menu RAM > Memory Slots
Slot Memory Laptop

4. Pada contoh ini TERAA.NET menggunakan motherboard MSI B85M Gaming dengan jumlah slot 4, namun yang digunakan adalah 2. Karena jenis RAM Dual Channel maka di Speccy terbaca dual
5. Silahkan catat atau ingat-ingat berapa jumlah slot memory pada komputer Anda. Bila jumlahnya lebih dari 1 berarti bisa upgrade memory dengan cara mengisi slot kosong yang masih tersisa (misalnya memory laptop dibekali memory 4 GB dan ingin upgrade ke 8 GB maka Anda hanya perlu membeli memory 4 GB yang dipasang pada slot kosong), namun bila hanya 1 berarti Anda harus membeli memory yang kapasitasnya lebih besar dari sebelumnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.