Perbedaan RAM DDR, DDRL, DDRU

Perbedaan RAM DDR4, DDR4L, dan DDR4U (Lengkap)

Posted on

Random Access Memory atau yang disingkat RAM adalah sebuah perangkat komputer yang fungsinya untuk menyimpan data sementara pada saat menjalankan program. Orang Indonesia lebih familiar menyebut memory daripada RAM, padahal keduanya adalah sama.

Teknologi yang diaplikasikan pada RAM komputer dari tahun ke tahun semakin canggih, sekarang telah ada RAM DDR4. Sama Halnya seperti DDR3 varian DDR4 juga beragam, bila ada DDR3L dan DDR3U maka juga ada DDR4L dan DDR4U.

Bagi yang belum tahu sepertinya varian RAM tersebut adalah sama padahal dari segi penggunaannya beda. Maka dari itu bila Anda menjumpai RAM dengan kode DDR4L/ DDR4U di toko komputer itu adalah variannya. Bila ingin membeli pastikan tepat memilih jenis RAM yang sesuai dengan motherboardnya, jangan asal beli bisa-bisa tidak dapat digunakan.

Baca: Macam-Macam Prosesor Intel Core i Untuk Komputer/ Laptop

Untuk memahami apa perbedaan DDR4, DDR4L, DDR4U/ DDR3, DDR3L, DDR4U silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan Penggunaan RAM DDR4, DDR4L, dan DDR4U

  1. DDR4: RAM Ini adalah modul DDR4 biasa dengan tegangan sebesar 1.5 volt, banyak diaplikasikan pada komputer standar yang dijual di pasaran
  2. DDR4L: Kode L pada DDR4L artinya low voltage (tegangan rendah) dengan daya 1.35 volt, RAM ini digunakan pada desktop, laptop, server dan komputer workstation
  3. DDR4U: Bila dibandingkan DDR4 dan DDR4L, bisa dikatakan RAM DDR4U adalah yang paling rendah tegangannya yaitu 1.25 volt.  Jenis RAM ini digunakan di server dan komputer workstation.

Mana lebih baik? RAM DDR4, DDR4L atau DDR4U?

Bila ada yang bertanya lebih baik mana diantara ketiga jenis RAM DDR4 tersebut? jawabannya adalah DDR4U. RAM dengan tegangan rendah mempunyai kemampuan memproses data sementara pada komputer lebih cepat dari DDR4 dan DDR4L.

Tidak Semua Komputer Suport RAM DDR4L dan DDR4U

Yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin upgrade RAM ke spesifikasi yang lebih tinggi atau ingin merakit komputer adalah suport yang diberikan motherboard/ mainboard. Untuk bisa menggunakan DDR4L atau DDR4U pastikan motherboard telah suport jenis RAM tersebut. Cara mengetahui suport dan tidaknya dengan membaca spesifikasi pada motherboard komputer/ laptop


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.