Cara cetak tiket Kereta Api Indonesia

Cara Cetak e-Ticket Kereta Api Indonesia di Chek-in Counter

Posted on

e-ticket Kereta Api Indonesia (electronic-Ticket) atau tiket elektronik adalah tiket yang dipesan secara online melalui official website PT. Kereta Api Indonesia atau aplikasi Android KAI Access. Keuntungan pesan tiket secara online adalah tidak perlu jauh-jauh pergi ke stasiun untuk membeli tiket, cukup dari rumah dengan membuka komputer/ hape sudah bisa booking tiket Kereta Api Indonesia.

Keuntungan lainnya adalah bisa menentukan kursi/ tempat duduk sendiri. Hal ini sangat bermanfaat bila Anda ingin naik kereta dengan mengajak keluarga, pacar, atau teman agar bisa duduk berdampingan atau berhadap-hadapan di kereta.

Perbedaan beli tiket Kereta Api Indonesia secara online dan offline adalah terletak pada boarding passnya. Bila beli secara online akan mendapatkan e-ticket yang dikirimkan ke email pembeli, sedangkan beli offline dapat boarding pass langsung. e-ticket ini harus dicetak di Chek-in Counter yang ada di stasiun untuk mendapatkan boarding pass.

Cara cetak kode booking Kereta Api Indonesia
e-ticket Kereta Api

e-ticket berisi nomor kode pemesanan/ booking code, data pemesan, data perjalanan, dan data penumpang. Sesuai gambar di atas maka kode bookingnya adalah AZNNQR, silahkan download e-ticketnya di email Anda atau Anda catat nomor kode bookingnya untuk dicetak di Chek-in Counter. Boarding pass hanya bisa dicetak di stasiun awal keberangkatan, tidak bisa di stasiun lain.

Cara Cetak Boarding Pass Tiket Kereta Api Indonesia

  1. Silahkan cari Chek-in Counter di stasiun awal keberangkatan
  2. Setelah ketemu Chek-in Counter masukkan Kode Booking/ Kode Pemesanan
  3. Kode Booking dapat dilihat pada e-ticket Kereta Api Indonesia yang telah dikirimkan ke email Anda
  4. Setelah selesai memasukkan Kode Booking tekan menu Cari/ Search
  5. Tunggu beberapa saat sampai komputer menampilkan daftar penumpang dalam satu pesanan
  6. Pada contoh ini, Teraa.net memesan tiga tiket dengan satu e-ticket, maka yang ditampilkan daftar penumpang ada tiga
  7. Kasih tanda centang pada daftar penumpang dengan memilih menu Pilih Semua
  8. Lanjutkan dengan Cetak/ Print, tunggu beberapa saat sampi boarding pass tiket Kereta Api Indonesia telah dicetak
  9. Anda telah berhasil mencetak boarding pass dan siap digunakan untuk naik kereta.

Cara Chek-in Kereta Api Indonesia

Di atas telah dijelaskan cara cetak boarding pass Kereta Api Indonesia, selanjutnya adalah chek-in menggunakan boarding pass. Bagi Anda yang sering naik kereta mungkin tidak memerlukan pembahasan ini karena telah tahu caranya, namun bagi yang baru pertama kali akan naik kereta pasti bertanya-tanya bagaimana cara chek-innya.

Baca: Pesan Hotel di Traveloka dan Cara Menukar Kode Booking

Selain boarding pass/ tiket Kereta Api Indonesia yang perlu dipersiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) sesuai dengan yang didaftarkan pada tiket. Bila Anda membawa tiga anggota keluarga maka e-KTP yang ditunjukkan ke petugas sebanyak tiga. Lalu bagaimana dengan anak-anak yang masih dibawah 17 tahun? mereka kan belum dapat e-KTP? bagi yang belum punya e-KTP bisa menunjukkan Kartu Keluarga (KK), karena di dalam KK tertera Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Antisipasi Kehilangan e-KTP Saat Bepergian

Fungsi e-KTP sangat penting sekali salah satunya untuk chek-in naik Kereta dan atau Pesawat. Untuk mengantisipasi kehilangan e-KTP karena jatuh/ dicuri saat bepergian, Ada bisa scan kemudian menyimpannya di hape atau mengunggah di akun Google Drive. e-KTP digital yang discan tadi bisa Anda tunjukkan ke petugas sebagai pengganti e-KTP asli yang hilang/ tertinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.