6 Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer Dekstop atau Laptop

Posted on

Bila Anda tertarik dengan komputer maka belajar cara mengetahui spesifikasi komputer sangatlah menyenangkan. Spesifikasi komputer adalah rincian mengenai hardware yang tersusun menjadi sebuah komputer.

Komputer sendiri pada dasarnya dibedakan menjadi 2 yaitu komputer dekstop dan laptop. Keduanya tersusun dari beberapa hardware seperti motherboard, prosesor, memory, harddisk, graphic card, dan sebagainya.

Bila Anda merakit sendiri komputer tersebut berarti telah mengetahui spesifikasinya, namun kalau hasil beli seperti laptop maka perlu mengecek sendiri apakah spesifikasi hardware sesuai yang tertera pada buku manualnya.

Baca: Mengetahui Jumlah Slot Memory Laptop Tanpa Membuka Casing

Keuntungan bisa mengetahui spesifikasi komputer adalah dapat membantu Anda menyesuaikan program yang akan di install sesuai kemampuan hardware. Pokoknya bermanfaat sekali untuk Anda yang ingin belajar jadi teknisi komputer soalnya nantinya akan install program di komputer klien.

Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer/ Laptop

1. Device Specifications Windows 10

Pengguna Windows 10 bisa melihat spesifikasi komputer dari Device Specifications. Informasi yang ditampilkan cukup detail mulai dari nama device, prosesor, kapasitas RAM/ Memory, dan tipe sistem operasi yang digunakan 32-Bit atau 64-Bit. Selain menampilkan spesifikasi hardware juga ditampilkan edisi windows, versi, dan build, pokoknya cukuplah menggali informasi standar dari sebuah komputer.

Untuk mengakses Device Specifications Windows 10 silahkan masuk ke All Settings pada pojok kiri bawah Taskbar kemudian pilih About.

2. DXDIAG/ DirectX Diagnostic Tool

Sama seperti Device Specifications, DirectX Diagnostic Tool merupakan bawaan Windows. Untuk mengaksesnya silahkan ketik keyword “DXDIAG” tanpa tanda kutip pada Type here to search Windows 10. Setelah terbuka jendela diagnostic tool silahkan baca spesifikasinya.

DirectX Diagnostic Tool menampilkan jenis prosesor, merek motherboard, memory, directX, BIOS, nama sistem operasi, dan lain sebagainya. Spesifikasi yang ditampilkan lebih lengkap daripada cara pertama dimana semua informasi mengenai hardware dan software ditampilkan di sini.

3. Basic Information Windows

Selanjutnya ada view basic information about your computer yang menampilkan spesifikasi hardware dan sistem operasi yang digunakan. Anda dapat mengetahui jenis prosesor, besarnya memory RAM, dan type Windows 32-Bit atau 64-Bit.

Basic information Windows dapat diakses dengan cara klik kanan My Computer/This PC kemudian pilih Properties maka spesifikasinya ditampilkan.

4. Speccy

Kurang puas menggali informasi tentang spesifikasi komputer dengan tool bawaan windows kini Anda bisa memanfaatkan tool pihak ketiga seperti Piriform Speccy. Ini merupakan tool yang paling lengkap menampilkan spesifikasi komputer bai itu mengenai sistem operasi, CPU, RAM, motherboard, storage, optical drive, audio, peripherals, dan network.

Cek spesifikasi komputer dengan Speccy

Bila Anda ingin mencoba tool ini silahkan download Speccy kemudian install pada komputer dan lihat spesifikasinya seperti apa. Tersedia 2 pilihan Speccy yaitu free dan pro, kalau hanya untuk mengetahui spesifikasi komputer menggunakan yang free lebih dari cukup.

5. CPU-Z

Alternatif lainnya selain yang telah disebutkan di atas adalah CPU-Z. Tool ini bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma karena disediakan secara gratis oleh CPUID. Tersedia 2 pilihan untuk mode installasi dan portable, silahkan pilih salah satu.

Yang menarik dari CPU-Z adalah bisa memilih atau menyesuaikan dengan merek hardware yang digunakan, misalnya MSI. Selain itu ada Asrock Taichi, Asrock Formula, Cooler Master, Asus ROG, MSI Gaming, Gigabyte, dan Gigabyte Aorus.

Lihat spesifikasi komputer dengan CPU-Z

CPU-Z menampilkan informasi hardware secara menyeluruh mulai dari CPU, caches, mainboard/ motherboard, memory, SPD, graphics, bech, dan about. Bila ingin mencobanya silahkan download melalui link berikut ini – download CPU-Z.

6. Hardware Monitor

Yang terakhir Anda bisa menggunakan tool Hardware Monitor yang fiturnya super lengkap bila dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Menariknya lagi Hardware Monitor dapat dijalankan secara portable tanpa install pada komputer sehingga tidak memakan space harddisk dan memberatkan memory saat menjalankan tool ini.

Tampilan pertama yang muncul pada Hardware Monitor adalah rangkuman mengenai spesifikasi hardware yang meliputi central prosesor, motherboard, memory, bus, video adapter, monitor, driver, audio, network, dan ports.

Mengetahui spesifikasi komputer dengan Hardware Monitor

Tampilan berikutnya mengenai detail prosesor dan graphic processing unit (GPU). Berikut ini adalah screenshot CPU dan GPU pada komputer milik TERAA.NET. Ingin mencoba tool ini silahkan download Hardware Monitor Portable.

Hardware Monitor aplikasi untuk cek spesifikasi komputer

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas kini Anda bisa menyimpulkan sendiri manakah cara yang terbaik melihat spesifikasi komputer apakah menggunakan tool bawaan Windows atau dari pihak ketiga seperti Speccy, CPU-Z, dan Hardware Monitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.