Kupon diskon harbolnas

Harbolnas, Tips Belanja Aman dan Menyenangkan

Posted on

Hari belanja online nasional (harbolnas) adalah perayaan untuk mengedukasi dan mendorong masyarakat supaya mau belanja online. Yang mempelopori lahirnya harbolnas adalah Bukalapak, Lazada, Zalora, dan Blanja pada tahun 2012 yang lalu. Sama seperti hari besar lainnya, perayaan ini diselenggarakan setahun sekali tepatnya tanggal 12 bulan Desember (12:12).

Harbolnas syarat akan promo dan diskon besar-besaran, Anda bisa mendapatkan barang impian yang dijual murah dari biasanya. Menariknya lagi ada beberapa martketplace yang menggratiskan biaya ongkos kirim sehingga animo masyarakat semakin tinggi untuk belanja online.

Meskipun tanggal perayaannya cuma sehari, momen harbolnasnya bisa 3 sampai 4 hari, bahkan ada yang seminggu penuh seperti Lazada. Pada momen ini Anda bisa mendapatkan harga terbaik dengan cara membandingkan harga dari penjual lain. Jangan sampai ketinggalan ya, ayo belanja sebanyak-banyaknya pada hari belanja online nasional.

Meningkatnya jumlah pembeli pada harbolnas secara otomatis mempengaruhi kualitas layanan jasa pengiriman barang. Apapaun ekspedisi yang digunakan pasti mengalami keterlambatan kirim, apalagi Nija Xpress dan JNE. Kalau untuk J&T masih lumayan cepat, paling kalau molor hanya sehari sudah sampai.

Terjadinya keterlambatan kirim bukan disebabkan penjualnya melainkan kurir yang kewalahan mensortir tumpukan barang di gudang untuk dikirim ke pembeli, intinya sih jangan kaget kalau kiriman lama dari biasanya.

Marketplace besar seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Lazada memanfaatkan momen ini dengan memberikan promo dan diskon besar-besaran supaya orang tertarik untuk membelinya. Pembeli juga harus smart, jangan langsung tergoda sama promo dan diskon sebelum membandingkan harganya.

Faktanya barang yang dijual pada hari biasa dan harbolnas itu harganya sama, namun calon pembeli telah tersugesti oleh iklan harbolnas sehingga menganggapnya murah. Urusan begini biasanya yang jeli adalah wanita, kalau pria sih kurang memperhatikan harga.

Penjelasan di atas merupakan simpulan dari pengalaman belanja pada saat harbolnas. Untuk menghindari penyesalan/ kecewaan pada saat belanja online berikut ini beberapa tips yang harus Anda baca.

Tips Belanja Menyenangkan Saat Harbolnas

1. Hati-Hati Memilih Toko/ Penjual

Marketplace hanya menyediakan tempat untuk berjualan, di dalamnya terdiri dari beberapa toko. Memilih toko yang mempunyai reputasi bagus sangat disarankan ketika belanja online. Caranya adalah carilah toko yang ratingnya bagus dan banyak mendapatkan feedback positif.

Silahkan baca satu-persatu komentar pembelinya seperti apa, bila semua menyatakan baik berarti penjual tersebut melayani pembeli dengan baik. Jangan sekali-kali membeli barang di toko yang belum ada reputasinya, dikhawatirkan bisa mengecewakan pembeli.

Baca: Cara Mengetahui Toko Online Terpercaya atau Tidak

2. Jeli Memilih Barang

Bila Anda ingin belanja online di sebuah marketplace, satu hal yang harus diketahui bahwa kebanyakan marketplace hanya berperan sebagai media para penjual atau dengan kata lain sebagai perantara bagi pedagang lainnya. Itu sebabnya terkadang akan terjadi kesalahan terhadap barang yang dibeli, baik itu dalam segi kualitas atau kesalahan barang yang dikirim.

Contohnya saat membeli sepatu atau sendal, akan muncul berbagai jenis penjual barang di kategori tersebut. Tips memilih barangnya carilah di toko yang mempunyai rating bagus dan memiliki review bagus dari orang yang telah membeli barang tersebut.

Sealin itu usahakan memilih barang dari hasil foto penjual, bukan download dari Google (real picture). Terkadang harga memang menentukan kualitas, jadi jangan ragu untuk membeli barang dengan harga yang sedikit mahal tapi terjamin kualitasnya.

3. Harus Pakai Rekening Bersama (Rekber)

Keunggulan belanja online di marketplace adalah memakai rekening bersama (rekber), beda dengan toko online yang berdiri-sendiri rekeningnya milik pribadi. Dengan adanya rekber, penjual tidak bisa menipu pembeli karena uang yang ditransfer masuk ke rekening bersama milik marketplace. Penjual baru bisa mengambil uang ketika barangnya sudah dikirimkan dan sampai ke alamat penerima.

Bila Anda mendapatkan telepon/ SMS/ chat yang mengatas namakan marketplace atau toko tertentu jangan ditanggapi, nanti ujung-ujungnya Anda disuruh transfer sendiri ke rekening oknum tersebut. Buat calon pembeli baru yang mau mencoba belanja online harus memperhatikan point ini.

4. Manfaatkan Promo dan Diskon Sesuai Kebutuhan

Banyaknya promo dan diskon saat harbolnas memang menggoda iman, sehingga Anda tertarik untuk membelinya. Ingat… promo dan diskon adalah strategi pemasaran untuk menarik orang supaya mau membelinya. Sugesti dari kata-kata tersebut membuat Anda semakin ingin berbelanja walaupun itu merupakan barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Jangan mudah tertipu dengan dengan embel-embel diskon besar dan bonus, karena biasanya yang dijual dengan diskon besar adalah barang dengan kualitas yang kurang baik atau barang lama yang harus segera dihabiskan.

5. Manfaatkan Point Reward

Marketplace besar seperti Tokopedia, Blibli, dan Shoope memberlakukan sistem point reward dari hasil pembelian barang. Semakin sering belanja online maka point juga banyak, jangan sia-siakan point ini untuk mendapatkan potongan harga.

Besar kecilnya point reward dipengaruhi oleh dua faktor yaitu sering belanja dan harga barang yang dibeli. Barang murah point yang didapat kecil, begitu juga sebaliknya kalau mahal maka point besar.

6. Tahan Keinginan

Prinsip orang sukses adalah bisa mengendalikan diri, terutama yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan. Ternyata prinsip tersebut juga harus diterapkan saat harbolnas, memang hanya sekali dalam setahun namun bukan berarti Anda ceroboh dalam menentukan barang yang akan dibeli.

Prioritaskan barang yang memang sedang Anda butuhkan. Jangan tergoda oleh diskon besar pada barang yang memang tidak butuhkan. Harbolnas seharusnya dimanfaatkan untuk belanja lebih hemat bukan menghabiskan uang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.