Toko Online

Cara Mengetahui Toko Online Tersebut Terpercaya atau Tidak

Posted on 2 views

Mengetahui dan memahami toko online di Indonesia yang paling terpercaya untuk pembeli dan penjual itu wajib hukumnya. Sekarang ini kompetisi dari masing-masing toko online sangat ketat, ada yang menawarkan gratis ongkir (ongkos kirim). Mendengarkan kata gratis, ongkir gratis saja rasanya senang sekali, apalagi dibelikan gratis

Sebut saja toko X yang mempelopori ongkir gratis, namun apakah itu benar-benar gratis? cara mengetahuinya gampang, bandingkan saja barang yang sama dijual di toko online dengan ongkir gratis dan toko online yang menggunakan ongkir. Harganya murah mana? pasti murah yang menggunakan ongkir, sedangkan yang gratis ongkir lebih mahal sedikit.

Intinya jangan percaya embel-embel gratis, dan iklan gratis karena nggak ada yang benar-benar gratis. Itu hanya strategi marketing untuk menarik pembeli belanja di tokonya. Ongkir gratis juga tidak berani menjamin kiriman sampai ke penerima dengan utuh, untuk itu berhati-hatilah dengan iming-iming gratis.

Baca: Cara Mendapatkan Uang Dengan Nulis Artikel di BaBe

Siapa Pembeli Yang Suka Dengan Gratisan

Kalau ada yang bertanya siapa pembeli yang memburu ongkos kirim gratisan? jawabannya adalah pemula, ya mereka yang baru memberanikan diri belanja online. Ingin mendapatkan barang murah dengan ongkir gratis tentu sesuatu yang menyenangkan bukan. Namun bagi mereka yang sering belanja online, memilih ongkir gratis bukan prioritas utama melainkan kepercayaan dari penjual.

Mungkin bila barang yang Anda beli harganya kurang dari Rp. 500.000 memilih toko online yang menerapkan ongkir gratis tak jadi soal, namun bila di atas Rp. 500.000 gunakanlah ongkir dan asuransi. Rata-rata seller/ penjual toko online di Indonesia menggunakan JNE, pihak JNE saja merekomendasikan untuk barang mahal sebaiknya diasuransikan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti nyasar, salah alamat, dan barang rusak. Kalau gratis ongkir gimana cara klaim asuransinya? ayo berfikir smart ya…

Cara Melihat Toko Online Tersebut Terpercaya atau Tidak

 

1. Menilai Toko Online Dari Hasil Review

Cara paling mudah mengetahui toko online tersebut dapat dipercaya atau tidak dengan membaca review dari mereka yang telah membeli barang ditoko tersebut, istilahnya testimoni. Kalau ada pembeli yang tidak puas dengan layanannya maka mereka akan membagikan informasi ini kepada khalayak banyak misalnya curhat di facebook, menulis review di blog pribadi, menulis testimoni di forum kaskus, dan lain sebagainya. Bila banyak ulasan yang mengatakan miring tentang toko online tersebut maka hindarilah, cari toko yang mendapatkan feedback positif.

2. Lihat Rating dan Feedback dari Seller

Namanya toko onlie ada yang membuat wadah untuk para penjual dan penjual itu sendiri. Toko online di sini sebagai media berdagang dan sekaligus sebagai perantara. Oleh karena itu setelah menemukan toko online terpercaya langkah selanjutnya pilihlah seller/ penjual dengan rating tertinggi dan mendapatkan feedback/ balikan positif. Bila puas dengan layanannya maka pembeli menuliskan testimoni di kolom komentar yang telah disediakan toko online.

3. Cari Toko Yang Menggunakan Rekber Sebagai Metode Pembayaran

Ada beberapa toko online yang tidak menggunakan rekber, misalnya toko online tersebut hanya menjual satu produk tertentu seperti toko komputer. Ada juga toko online yang menggunakan rekber, biasanya toko tersebut menjual beberapa produk seperti Bukalapak, Toko Pedia, Lazada, dan lain sebagainya.

Rekber adalah perantara pembayaran online, yang dimaksud perantara adalah toko online itu sendiri. Misalnya Anda membeli barang di toko X, maka harus transfer ke toko X menggunakan rekening toko, bukan ke seller/ penjual. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan online.

Di Indonesia sendiri yang mempelopori metode pembayaran rekber adalah Bukalapak, kemudian diikuti Tokopedia, dan toko online lainnya di Indonesia. Sebelum menggunakan rekber penipuan online sering terjadi, pembeli sudah transfer dan penjual tidak mengirimkan barang itu sering terjadi.

Penjual tidak menerima uang sebelum barang yang dikirim sampai ke penerima dalam keadaan untuh. Jangan sampai pembeli komplain karena kiriman rusak, sehingga uang dikembalikan ke pembeli. Sistem kerjanya ketika menggunakan rekber, uang tersebut disimpan di rekening bersama milik toko online, setelah barang sampai dengan selamat baru bisa ditarik dari rekening toko.

4. Suport 24 Jam

Carilah toko online yang suport 24 jam, untuk mengetahui layanan ini coba hubungi mereka lewat email atau telepon tengah malam. Kalau direspon berarti toko online tersebut suport 24 jam penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *