Cara Install Corel Draw X8 Yang Error Pada Windows 10

Posted on

Banyak yang bertanya kenapa Corel Draw Graphics Suite X8 tidak bisa install di Windows 10? karena admin bukan desainer maka tidak punya master installer Corel Draw dan harus mendownloadnya terlebih dahulu untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut. Setelah download kemudian coba install, ternyata memang tidak bisa. Sudah coba install menggunakan safe mode Windows 10 juga tidak bisa.

Pesan errornya  mengharuskan menguninstall atau menghapus Corel Draw versi lama padahal tidak pernah menginstallnya. Setelah browsing-sana sini akhirnya menemukan jawabannya. Corel Draw Graphics Suite X8 tidak bisa di install karena program Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable (x64/ x86) telah tepasang duluan. Cara memperbaikinya Microsoft Visual C++ harus di uninstall terlebih dahulu kemudian install Corel Draw.

Corel Draw adalah program untuk membuat dan mengedit vektor yang dikembangkan Corel, perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada – Amerika Serikat. Corel Draw dirilis pertama kali tahun 1989 hingga saat ini versi terbarunya adalah seri X8. Program vektor ini dapat berjalan stabil pada sistem operasi Windows, untuk pengguna Linux harus install Wine terlebih dahulu untuk menjalankannya.

Semua program Windows rata-rata membutuhkan Microsoft Visual C++ karena dibuat menggunakan bahasa pemrograman C++. Kebetulan untuk Corel Draw Graphics Suite X8 terjadi crash dengan Microsoft Visual C++. Bahasa C++ merupakan standalone atau dapat berjalan sendiri tanpa bergantung pada program lain, tetapi sekarang, program ini sudah terintegrasi sebagai bagian dari Microsoft Visual Studio.

Baca: Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer Dengan Notepad

Visual C++ adalah sebuah produk Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio. Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (kompleks). Visual C++ adalah bahasa pemrograman yang cukup populer.

Cara Mengatasi Error Saat Installasi Corel Draw X8 di Windows 10

1. Berikut ini adalah pesan error saat installasi Corel Draw Graphics Suite X8. The installastion was not completed… You cannot install this producs because another version is already installed. To install this product, you mus first uninstall the existing version
2. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya harus menguninstall Corel Draw versi lama supaya bisa dipasang yang baru
Menagatasi Error Installasi Corel Draw3. Pilih Finish untuk menutup jendela installer Corel Draw
4. Buka Control Pannel kemudian masuk ke Program and Features
5. Uninstall or change a program > cari “Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable (x64) – 14.0.24516” dan “Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable (x86) – 14.0.24516”
Uninstall Microsoft Visual C++6. Uninstall kedua program tersebut kemudian coba install kembali Corel Draw Graphics Suite X8
Install Corel Draw X8 di Windows 10

7. Tunggu proses installasi hingga selesai, kini Anda bisa menjalankan Corel Draw Graphics Suite X8 di Windows 10.

Ada banyak sekali program Microsoft Visual C++ yang terpasang pada komputer Windows, untuk mengetahuinya silahkan pergi ke Unisntall or Change Prorgram. Semua program Microsoft Visual C++ sebenarnya bisa dihapus, namun tidak disarankan supaya program lain tidak ikutan error.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.