Cara Mengambil Uang di Westen Union (WU)

Cara Pengisian Formulir Western Union Dengan Pin Paid

Posted on

Western Union adalah layanan pengiriman uang dari luar ke dalam negeri dan begitu juga sebaliknya. Perusahaan yang bermarkas di Colorado, Amerika Serikat ini hadir untuk menciptakan sistem telegraf yang bagus dengan operasi efisien dan terintegrasi.

Dengan adanya Western Union manusia dimudahkan dalam bertransaksi tanpa dikenakan potongan. Hal inilah yang membuat layanan ini begitu dicintai blogger untuk pencairan Google AdSense. Western Union juga banyak dipakai oleh para TKI untuk mengirimkan uang kepada saudaranya yang ada di rumah.

Secara otomatis uang kiriman dari luar negeri akan dikonversi ke mata uang rupiah, biasanya semakin lemah nilai rupiah terhadap mata uang asing maka nominalnya jadi lebih besar. Untuk mengetahui kurs mata uang pada Western Union silahkan lihat di Curenncy Converter.

Di Indonesia sulit sekali menemukan kantor Western Union, biasanya yang ada gabung sama PT. POS dan pada bank lokal Indonesia. Untuk bisa mengambil kiriman membutuhkan kode MTCN (Money Transfer Control  Number), kode ini sifatnya rahasia jadi jangan pernah mempublikasikannya.

Sekarang telah ada aturan terbaru tata cara pengisian formulir penerimaan uang Western Union dengan menggunakan Pin Paid. Aturan baru ini berlaku di Western Union yang telah dilengkapi Pin Paid, namun bila belum ada caranya masih sama dengan yang dulu yaitu mengisi formulir, menyerahkan identitas, dan terima uang.

Pin Paid Western Union adalah sebuah alat konfirmasi untuk memasukkan 10 digit kode MTCN, jadi tidak perlu menuliskan MTCN pada formulir. Perubahan pengisian formulir Western Union terbagi dalam 3 tahap yaitu melengkapi formulir, menyerahkan identitas, dan menggunakan Pin Paid.

Perubahan Cara Pengisian Formulir Penerimaan Uang Western Union

1. Melengkapi Formulir Western Union

Mengambil kiriman melalui Western Union biasanya diberi formulir, bila tidak disediakan di meja pelanggan silahkan minta formulir tersebut pada petugas yang ada. Sebenarnya tata cara pengisiannya telah disertakan di kantor POS dan Anda tinggal melihatnya saja. Ada 4 poin penting dalam mengisi formulir yaitu: Namun Pengirim, Asal Transaksi, Nominal Transaksi, dan Data Sebagai Penerima.

Ingat! Kalau ada mesin Pin Paid jangan menuliskan kode MTCN, rahasiakan kode tersebut demi keamanan.

2. Menyerahkan Formulir dan Tanda Pengenal

Tanda pengenal yang diminta dan harus ditunjukkan adalah KTP, SIM, Passport, KITAS/ KITAP, dan UNHCR. Pilih salah satu dari dari beberapa identitas tersebut sesuai dengan kepunyaan Anda. Jangan lupa untuk memfoto kopinya 1 lembar sebagai berkas Western Union.

3. Masukkan 10 digit kode MTCN pada Pin Paid

Kode MTCN bisa didapatkan dari pengirim, oleh karena itu silahkan minta kode tersebut bila mendapatkan kiriman dari luar negeri. Gunakan mesin Pin Paid untuk memverifikasi penarikan uang dengan mengetik kode MTCN.

2 thoughts on “Cara Pengisian Formulir Western Union Dengan Pin Paid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.