Install Driver AMD Radeon di Windows

Cara Install Driver AMD Radeon di Windows

Posted on 130 views

AMD merupakan salah satu produsen graphics card yang cukup terkenal di dunia, produknya banyak diaplikasikan pada komputer dekstop (PC) dan laptop. Supaya bisa berjalan lancar di sistem operasi Windows, graphics card AMD Radeon ini perlu driver yang bisa di install secara manual maupun otomatis.

Tulisan ini sekaligus melengkapi artikel sebelumnya tentang Cara Install Driver AMD Radeon di Ubuntu. Install driver AMD Radeon di Windows itu mudah sekali, tinggal klik dan klik maka berhasil di install. Meskipun begitu pasti ada sebagian orang yang belum bisa install drivernya karena belum tahu caranya.

Harapannya setelah membaca artikel ini, Anda bisa install driver AMD Radeon di Windows untuk komputer sendiri maupun membantu orang lain yang sedang membutuhkannya.

 

Pentingnya Install Driver Graphics Card

Percuma membeli komputer mahal dengan spesifikasi yang tinggi kalau driver tidak di install, komputer tersebut tidak bisa berjalan maksimal karena software untuk mengoptimalkan perangkat keras tidak ada. Salah satunya adalah graphics card, banyak pengguna komputer yang mengira kalau sudah terinstall driver padahal belum.

Rata-rata yang merasa sudah terinstall driver adalah pengguna Windows 10 dimana tampilan layarnya sudah mulus padahal itu masih driver bawaan Windows. Bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8 terasa sekali kalau belum install driver karena tampilan layarnya kasar, font dan icon kelihatan besar-besar.

Tanpa driver graphics card, komputer tidak kuat menjalankan aplikasi editing seperti Adobe Premiere, Autocad, dan bermain game. Karena alasan itulah install driver graphics card hukumnya wajib.

 

Cek Driver AMD Radeon Yang Sesuai Graphics Card

Sebelum menuju tahap installasi driver AMD Radeon pastikan Anda mengetahui versi drivernya, karena tanpa tahu driver yang cocok untuk graphics card maka kemungkinan besar tidak kompatibel. Ada 2 cara cek driver graphics card yaitu melalui box/ pembungkus graphics card dan melalui System Informasi Windows.

 

1. Cek Driver AMD Melalui Box atau Graphics Card

Berikut ini adalah contoh box graphics card MSI HD 7730, seperti yang Anda lihat HD 7730 adalah seri chipsetnya. Nomor seri ini juga bisa Anda temukan dibagian belakang/ bawah graphic card caranya buka tutup casing komputer, lepaskan graphic card kemudian lihat chipsetnya.

Catat nomor serinya sebagai bekal untuk download driver secara manual. Cara ini tidak berlaku untuk laptop karena telah terpasang dari pabrik. Untuk laptop cara ceknya bisa menggunakan cara kedua berikut ini.

 

2. Cek Driver AMD Radeon Melaui Sistem Informasi Windows

Adakalanya kalau kita membeli komputer bekas maka box sudah hilang sehingga tidak tahu Graphics apa yang terpasang pada komputer. Untuk mengeceknya silahkan manfaatkan System Information pada Windows. Caranya ketik “System Information” pada pencarian Windows hingga muncul tampilan seperti ini.

System Summary > Components > kemudian pilih Display. Perhatikan pada Name: misalnya AMD Radeon HD 7700 Series, itu adalah contoh graphic cardnya. Silahkan catat sebagai modal download river secara manual di website resminya AMD.

 

Cara Install Driver AMD Radeon Secara Manual

Pertama Anda bisa install driver AMD pada komputer secara manual dengan download driver terlebih dahulu kemudian install. Cara ini direkomendasikan untuk Anda yang di rumahnya tidak ada koneksi internet atau kalaupun ada koneksinya tidak setabil. Anda bisa mencari Wifi corner atau warnet untuk mendownloadnya kemudian install. Berikut ini adalah caranya:

1. Buka https://www.amd.com/en/support atau klik AMD Drivers and Support
2. Pilih driver AMD Graphics Card misalnya Radeon HD 7730, kemudian Submit untuk menuju tahap selanjutnya

3. Sesuaikan dengan sistem operasi Windows yang Anda digunakan, misalnya Windows 10 – 64 Bit

4. Klik Download untuk mendapatkan driver, tunggu proses download hingga selesai kemudian install
5. Reboot komputer setelah selesai install, selamat kini driver graphics card berhasil di install.

 

Cara Install Driver AMD Radeon Secara Otomatis

Sebenarnya ketika komputer terhubung dengan internet, driver AMD Radeon ini akan di download secara otomatis oleh Windows namun menunggu giliran driver lain seperti chipset komputer, soundcard, dsb. Namun bila Anda menginginkan driver AMD Radeon terpasang duluan maka install otomatis melalui Device Manager. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik kanan My Computer atau This PC kalau menggunakan Windows 10 kemudian pilih Properties
2. Jendela System telah terbuka, pilih menu Device Manager
3. Lanjut pilih Display Adapters kemudian klik kanan > Update Driver

4. Tunggu proses download dan install hingga selesai kemudian reboot komputer
5. Selamat kini Anda berhasil install driver AMD Radeon.

Demikianlah informasi cara install driver graphics AMD Radeon di komputer Windows secara manual dan otomatis. Setelah mencobanya sendiri berdasarkan petunjuk di atas pasti Anda menyimpulkan ternyata install driver itu tak seribet yang dibayangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.