Cara screenshot Samsung One UI 2

Cara Screenshot Samsung Android One UI 2

Posted on 476 views

Cara screenshot atau mengambil gambar di Samsung Android One UI 2 tak semudah yang dikira, bila sebelumnya cukup dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down kini hal tersebut sulit dilakukan. Selain itu screenshot juga bisa dilakukan melalui gestur namun harus diaktifkan terlebih dahulu di Android One UI 2.

Bagi yang belum tahu apa itu Android One UI 2 berikut ini adalah penjelasannya. One UI 2 merupakan update dari One UI 1 yang diperkenalkan Samsung pada akhir tahun 2019 yang lalu. Pada awalnya sistem operasi Android ini digunakan Samsung untuk smartphone kelas atas seperti Galaxy S dan Galaxy Note.

Semakin kompetitifnya persaingan pasar smartphone, Samsung sadar harus mengubah strateginya untuk mendapatkan hati dari konsumen. Salah satunya dengan mengaplikasikan Android One UI pada smartphone kelas bawah dan menengah. Sebut saja lini Samsung A Series (A30/S, A50/S, dan A80/S) yang telah menggunakan Android One UI.

Baca: Cara Mengaktifkan Samsung Always On Display

Strategi ini ternyata berhasil mengangkat Samsung setelah sekian lama terpuruk dari gempuran hape China. Kombinasi hardware dan software yang baik membuat user experience/ pengalaman pengguna semakin meningkat. Untuk mendapatkan smartphone yang murah memang ada beberapa fitur yang dipangkas oleh Samsung seperti penggunaan satu speaker pada lini A Series.

Kembali pada topik artikel, kini TERAA.NET anak menjelaskan kepada Anda cara screenshot di Samsung Android One UI 2 dengan mudah dan cepat. Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

 

Cara Screenshot Samsung One UI 2 (Galaxy A Series, Galaxy Note, Galaxy S) Dengan Tombol

Sebenarnya mengambil gambar dari layar Samsung One UI 2 itu sama dengan versi sebelumnya dan kebanyakan yang diterapkan pada semua smartphon yaitu menggunakan kombinasi tombol Volume Down + Power secara bersamaan. Namun pengguna banyak yang gagal, bukan tangkapan layar yang didapat malah terbuka menu Power Off, Restart, dan Emergency Mode Off. Di bawahnya ada lagi menu Side Key Setting untuk mengatur Double Press dan Press and Hold. Itulah perbedaan Android One UI 1 dan One UI 2 dimana fitur Side Key hanya ada di One UI 2.

Samsung mengatakan bahwa One UI 2 akan memberikan pengalaman yang lebih cepat disetiap ujung jari Anda. Supaya bisa melakukan screenshot harus mengacu dengan apa yang dikatakan Samsung yaitu “lebih cepat.”

Bila sebelumnya Anda gagal screenshot dengan tombol Volume Down + Power secara bersamaan itu karena menekannya terlalu lama. Di Samsung One UI 2 coba lakukan perintah yang sama namun sangat cepat. Tekan Volume Down + Power kemudian lepas maka layar berhasil difoto.

Baca: Cara Mengaktifkan Animasi Charging Samsung One UI

 

Cara Screenshot Menggunakan Gestur

Cara screenshot selanjutnya dengan memanfaatkan fitur gestur yang terdapat pada Samsung One UI 2, kalau fitur ini belum ada silahkan update dulu OS-nya. Berikut ini panduan screenshot mengganakan gertur:

1. Masuk ke Pengaturan kemudian pilih Fitur Lanjutan
2. Pilih Gerak dan gestur, kemudian Usapkan telapak tangan untuk mengambil
Screenshot Samsung Galaxy A20S, A30S, A50S, A70
3. Sekarang Anda bisa screenshot menggunakan gestur, lihat panduan penggunaan dengan menekan Usapkan telapak tangan untuk mengambil. Perhatikan gambar berikut ini, cara screenshotnya posisikan telapak tangan berdiri kemudian letakkan pada laya sebelah kanan. Usap ke sebelah kiri untuk screenshot.
Screenshot Samsung Menggunakan Getur

Demikianlah cara screenshot di Android Samsung One UI, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya pengguna smartphoen Samsung. Selain melalui kombinasi tombol dan gesture, Anda bisa mendonwnload aplikasi pihak ketiga untuk screenshot. Namun disarankan memakai perintah tombol dan gestur saja karena tidak membutuhkan resource Android yang cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.