Cara Mengaktifkan Dark Theme Gmail (Tampilan Gelap)

Posted on 26 views

Bosan dengan tampilan Gmail yang itu-itu saja, kini Anda dapat merubahnya sendiri menjadi lebih menarik lagi. Tampilan di sini berbeda dengan theme Gmail yang tersedia pada versi dekstop, namun lebih pada pemilihan warna untuk versi mobile. Secara default Gmail menyuguhkan tampilan berwarna putih dengan kombinasi font berwarna hitam, namun sekarang telah tersedia tampilan gelapnya.

Supaya bisa mengganti tampilan Gmail menjadi gelap, pastikan menggunakan Gmail versi terbaru. Bila belum silahkan update terlebih dahulu di Google Play Store. Tampilan terang atau gelap ini sebenarnya bekerja otomatis menyesuaikan theme Android yang Anda gunakan. Misal themenya berlatar putih maka tampilan Gmail juga putih, begitu juga sebaliknya bila theme Androidnya gelap maka warna Gmail akan mengikutinya.

Baca: Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp (Merubah Tampilan WhatsApp Menjadi Gelap)

Masalahnya tidak semua theme Android suport dark theme, sehingga perlu merubah tampilan Gmail secara manual untuk mendapatkan tampilan gelap. Kombinasi warna hitam dan putih pada Gmail membuat pengguna merasa nyaman karena tidak menyilaukan mata. Mengaktifkan tampilan gelap ini juga menguntungkan bila dipakai pada malam hari dengan pencahayaan yang minim.

Jujur TERAA.NET sendiri lebih suka Gmail dengan tampilan gelap daripada putih. Penasaran ingin tahu cara mengaktifkan tampilan gelap pada Gmail? silahkan simak penjelasannya berikut ini.

 

Cara Mengaktifkan Dark Theme Gmail

1. Jalankan aplikasi Gmail pada smartphone Android kemudian login menggunakan akun yang telah terdaftar
2. Masuk menu Settings > kemudian pilih General Settings
3. Untuk merubah tampilan Gmail pilih Theme > ubah dari Light menjadi Dark. Pilih System Default bila ingin menyesuaikan dengan theme Android
4. Selamat kini Anda berhasil mengaktifkan tampilan gelap pada Gmail
5. Eits tunggu dulu, ada tips lain yang perlu Anda lakukan untuk merapikan tampilan pesan pada Gmail. Masih di General Settings > pilih Conversation View: Default, Comfortable, dan Compact
6. Pilih Compact bila ingin loading membuka email berjalan cepat.

Baca: Cara Merubah Tampilan List Pesan Pada Gmail

Demikianlah informasi cara mengaktifkan dark theme Gmail, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya para pengguna Gmail. Tampilan gelap/ dark theme ini bekerja pada aplikasi Gmail, jadi bukan dipengaturan emailnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.