Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018 M/ 1439 H Seluruh Indonesia

Posted on

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan – Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyelenggarakan puasa ramadhan yang jatuh mulai tanggal 17 Mei – 14 Juni 2018. Bila tidak ada perubahan jadwal mulai puasa dan tibanya hari raya Idul Fitri maka umat muslim Indonesia berpuasa selama 29 hari.

Jadwal imsakiyah adalah waktu dimulainya menahan semua hal yang bisa membatalkan puasa. Pengertian imsak sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Imsak berlaku bukan hanya pada bulan suci ramadhan saja, diluar bulan tersebut bila berpuasa juga berlaku jadwal imsakiyahnya.

Yang perlu dipahami oleh umat muslim adalah bahwa imsak masih diperbolehkan makan dan minum, berhubungan intim suami istri juga boleh. Namun ketika mendengar bunyi azan segala hal yang membatalkan puasa harus dihentikan. Untuk mengingat kapan waktunya imsak biasanya masjid didekat rumah Anda memberikan informasi melalui speaker/ TOA bahwa imsak telah tiba.

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H/ 2018 M Untuk Seluruh Kota/ Kabupaten di Indonesia

Jadwal imsakiyah untuk kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Kupang, dan kota/ kabupaten lainnya berbeda. Untuk itu Anda harus mencari referensi yang tepat berdasarkan hisap dan hilal yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia.

Kemenag melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (BIMAS) menyediakan aplikasi Jadwal Imsakiyah berbasis web. Anda juga dapat menggunakan widget sallat sebagai pelengkap imsakiyah, keduanya dapat digunakan secara gratis oleh seluruh umat muslim di Indonesia.

Cara Mencari Jadwal Imsakiyah di Kementrian Agama RI:
1. Bukan official website Jadwal Imsakiyah Kemenag atau di sini https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsyakiyah
2. Halaman jadwal imsakiyah telah terbuka, sesuaikan Propinsi, Kota, dan Tahun kemudian klik kaca pembesar (pencarian)
3. Anda juga bisa mengunduh langsung jadwal tersebut memilih icon download (cloud)
4. Berikut ini adalah tampilan jadwal imsakiyah Jakarta puasa ramadhan 2018 M/ 1439 H
Jadwal imsakiyah Surabaya

5. Anda juga bisa mencari jadwal imsakiyah untuk kota/ kabupaten lainnya, caranya adalah seperti yang dijelaskan di atas.

Demikianlah informasi cara mengetahui jadwal imsakiyah dari situs Kementrian Agaram RI, bila mempunyai blog bisa menyisipkan widget jadwall sallat yang kode HTMLnya bisa di download di sini https://bimasislam.kemenag.go.id/widget/jadwalshalat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.