Kegunaan Mesin ATM

Kegunaan Mesin ATM Tunai, Non Tunai, Setor Tunai

Posted on 3 views

Ketika pergi mencari mesin ATM untuk mengambil uang tunai terkadang kita menemukan mesin ATM yang banyak jenisnya seperti ATM Tunai, ATM Non Tunai, dan ATM Setor Tunai. Selain yang disebutkan tadi masih ada jenis mesin ATM lainnya, namun yang dibahas di sini ketiga mesin tersebut karena yang paling banyak ditemui dimana-mana.

Mesin ATM Tunai, Non Tunai, dan Setor Tunai biasanya dijumpai di kantor cabang bank nasional maupun swasta, kalau di pinggir jalan dan di kantor unit biasanya cuma mesin ATM Tunai. Dari ketiga jenis mesin ATM tersebut yang pernah dicoba Admin cuma ATM Tunai dan Setor Tunai. Untuk melakukan transaksi online lebih suka menggunakan iBanking.

Pengetian ATM

ATM merupakan singkatan dari Automated Teller Machine kalau dalam bahasa Indonesia disebut Anjungan Tunai Mandiri. ATM adalah mesin elektronik yang fungsinya untuk melakukan transaksi seperti mengambil uang tunai, setor tunai, dan transfer tanpa dilayani teller bank.

Dengan adanya ATM manusia diberi kemudahan dalam bertransaksi, coba bandingkan dengan zaman dahulu yang harus pergi  ke bank dengan membawa buku tabungan untuk menabung/ mengambil. Sekarang cukup menggunakan kartu ATM bisa melakukan transaksi apapun.

Kegunaan Mesin ATM Tunai, Non Tunai, Setor Tunai

1. ATM Tunai
Seperti namanya mesin ATM Tunai, mesin ini digunakan untuk menarik uang secara tunai. Meskipun ATM Tunai di dalamnya terdapat menu untuk transfer. Mesin ATM ini yang paling banyak disediakan oleh pihak bank diberbagai lokasi.

2. ATM Non Tunai
ATM Non Tunai merupakan produk terbaru yang dikeluarkan pihak bank untuk menjawab kebutuhan transaksi online. Jadi bila Anda suka beli barang secara online silahkan gunakan ATM Non Tunai. Selain itu ATM ini bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan seperti listrik, telepon, dan lain sebagainya.

3. ATM Setor Tunai
Dalam dunia perbankan ada namanya menabung dan mengambil tabungan. ATM Setor Tunai merupakan kebalikan dari ATM Tunai. Untuk menabung atau mengisi rekening lain tidak perlu antri di teller, cukup gunakan saja ATM Setor Tunai.

Dengan adanya mesin ini para nasabah lebih suka melakukan setor tunai menggunakan ATM Setor Tunai. Secara keberadaan mesin ini membuat kerja teller lebih ringan hehe, palingan kalau ke teller cuma menarik uang dalam jumlah besar. ATM setor tunai dapat disebut juga dengan cash deposit machine (CDM). ATM ini dapat menerima setoran uang dengan minimal lembaran yang diterima nominal Rp50 ribu.

Tips Aman Mengambil Uang di ATM

1. Hindari Mesin ATM Sepi Pengunjung
Banyak modus kejahatan yang terjadi melalui mesin ATM, ada cara modern menggunakan micro hardware yang di tempatkan di mulut tempat memasukkan kartu ATM. Biasanya ditempel dengan isolatip dan kasat mata, alat ini akan mengcopy semua data transaksi. Ada juga pelaku kejahatan menggunakan hipnotis, ini yang paling parah. Jika area mesin ATM terdapat orang-orang mencurigakan, kira-kira bukan nasabah sebaiknya cari tempat lain saja.

2. Menutup Area Keyboard Saat Memasukan PIN
Meskipun tidak ada yang antri di belakang Anda, tutup dengan tangan atau benda lain di area keyboard. Dikhawatirkan, ada yang dengan sengaja memasang micro kamera di sekitar mesin.

3. Mengganti PIN Secara Berkala
Ini merupakan tips aman mengambil uang di ATM bank paling mudah namun juga paling menyusahkan, mengapa? jika Anda lupa nomor PIN terbaru setelah penggantian berkala, mau tidak mau harus mengurus ke bank untuk aktivasi ulang PIN.

4. Jangan Percaya Pada Orang Yang Baru Dikenal
Jangan mudah percaya dengan orang yang baru Anda kenal dan menawarkan bantuan untuk menelpon costumer service bank dari handphone orang yang baru Anda kenal tadi, karena diduga itu bukan nomor costumer service dari bank ATM tersebut.

5. Katu ATM Tertelan Mesin, Jangan Panik
Jika kartu ATM Anda tertelan mesin, maka cobalah raba lubang masuknya kartu ATM pada mesin yang Anda pakai. Jika memang itu permainan dari penjahat dengan modus telan kartu ATM, maka Anda akan dapat menemukan suatu alat seperti sejenis jepitan, batang korek api atau lidi, cobalah tarik benda itu, maka kartu Anda akan kelihatan terkait di sana.

6. Kartu ATM Tertelan Mesin Segera Lapor
Jika kartu ATM Anda tertelan dalam mesin langsung lapor ke Security setempat, dan mintalah ke pihak keamanan untuk segera mengisolir lokasi tersebut dengan memberikan pengumuman Mesin ATM ini rusak, dan segeralah hubungi nomor yang dapat dihubungi untuk menampung keluhan Anda.

Jika kantor bank yang bersangkutan bersebelahan dengan mesin ATM yang menelan kartu Anda tadi, sebaiknya mintalah print out rekening untuk mengetahui Outstanding saldo rekening anda pada jam tersebut, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. (Misalnya kesalahpahaman mengenai sisa saldo tabungan yang masih anda miliki).

Kalau kartu ATM tertelannya pada hari Sabtu/ Minggu/ hari libur silahkan telpon langsung ke Call Center. Yang perlu dipersiapkan adalah nomor rekening dan data mengenai rekening Anda. Yang ditanyakan pihak bank adalah nomor rekening, ibu kandung, cabang bank yang digunakan.

7. Jangan Memberitahukan PIN Kepada Orang Lain
Meskipun itu saudara Anda sendiri sebaiknya jangan, takutnya saudara Anda ini yang lupa menaruh sembarangan catatan nomor pin ATM Anda. Apalagi orang yang tidak Anda kenal, simpan dalam catatan pribadi Anda di rumah.

8. Jangan Simpan PIN di Handphone/ Komputer/ Laptop
Banyak cara yang dilakukan untuk mengingat PIN ATM seperti menyimpan di Handphone/ Komputer/ Laptop. Bisa saja kartu ATM yang tersimpan di dompet jatuh/ hilang/ dicuri beserta peralatan elektroni maka siaplah menanggung risikonya untuk diakses orang lain.

Tips aman mengambil uang di ATM bank ini perlu Anda ingat setiap waktu, mengingat modus-modus kejahatan di mesin ATM semakin beragam. Yang pasti, usahakan mengambil uang selalu mengajak teman atau saudara untuk menemani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *